Filipina Tawarkan Perawat ke Inggris dan Jerman untuk Dibarter dengan Vaksin Covid-19

Kamis, 25 Februari 2021 10:08 Reporter : Pandasurya Wijaya
Filipina Tawarkan Perawat ke Inggris dan Jerman untuk Dibarter dengan Vaksin Covid-19 margaret keenan. ©Twitter

Merdeka.com - Filipina menawarkan akan mengirimkan tenaga medis, terutama perawat, untuk menerima vaksin di Inggris dan Jerman jika dua negara itu sepakat mendonorkan vaksin Covid-19. Seorang pejabat senior menyampaikan kabar itu kemarin.

Kementerian Kesehatan Inggris mengatakan mereka tidak tertarik dengan tawaran itu dan lebih memprioritaskan vaksin untuk kebutuhan dalam negeri. Namun Inggris mengatakan akan membagikan kelebihan vaksin mereka bagi kebutuhan internasional di waktu yang akan datang.

Laman CNN melaporkan, Kamis (25/2), Filipina yang menjadi salah satu negara Asia dengan kasus Covid-19 tertinggi, kini sudah membolehkan kembali tenaga medisnya bekerja di luar negeri. Namun mereka masih membatasi jumlah tenaga medis profesional yang boleh bekerja ke luar negeri sebanyak 5.000 orang per tahun.

Alice Visperas, direktur biro internasional Kementerian Tenaga Kerja Filipina mengatakan negaranya membuka pintu untuk menukar tenaga medisnya dengan vaksin dari Inggris dan Jerman.

Perawat termasuk tenaga kerja asal Filipina yang bekerja di luar negeri dan menghasilkan USD 30 miliar devisa bagi negara itu.

"Kami bersedia membuka pembatasan tenaga kerja itu dengan kesepakatan," ujar Visperas kepada Reuters.

Baca Selanjutnya: Inggris saat ini menjadi negara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini