FBI Sita 10 Kardus Barang Bukti dari Rumah Donald Trump

Rabu, 10 Agustus 2022 11:13 Reporter : Hari Ariyanti
FBI Sita 10 Kardus Barang Bukti dari Rumah Donald Trump Suasana rumah Donald Trump di Florida digeledah FBI. ©Giorgio Viera/AFP

Merdeka.com - Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) menyita sekitar 10 kardus berisi material barang bukti dari rumah mantan presiden Donald Trump di Florida, menurut sumber yang mengetahui penggeledahan tersebut yang dilaporkan Wall Street Journal.

Penggeledahan yang berlangsung pada Senin itu bagian dari penyelidikan Departemen Kehakiman terkait dugaan Trump menyimpan sejumlah dokumen rahasia di akhir masa jabatannya. Ini tidak berkaitan dengan penyelidikan terpisah yang dilakukan Departemen Kehakiman terkait kerusuhan 6 Januari di Gedung Capitol.

Dikutip dari laman The Independent, Rabu (10/8), penggerebekan ini dilakukan dua bulan setelah pihak kuasa hukum dari Departemen Kehakiman mengunjungi rumah Trump terkait dengan penyelidikan tersebut. Pada Januari, Badan Arsip dan Catatan Nasional menyita 15 kardus dokumen sensitif Gedung Putih yang disebut dibawa ke rumah Trump, melanggar proses ketat tata cara pengarsipan dokumen kepresidenan yang diatur undang-undang federal.

Trump menyebut penggeledahan itu bermotif politis untuk menghalangi rencananya maju kembali dalam pemilihan presiden mendatang.

"Setelah bekerja dan bekerja sama dengan badan-badan pemerintah terkait, penggeledahan yang tanpa pemberitahuan di rumah saya ini tidak penting atau tidak pantas," tulis Trump dalam pernyataannya pada Senin.

"Sebuah pelanggaran yang hanya bisa terjadi di negara yang hancur, negara ketiga," lanjutnya.

"Bahkan mereka membobol brankas saya," pungkasnya. [pan]

Baca juga:
Foto Kertas di Lubang Toilet, Trump Diduga Buang Dokumen Rahasia
Suasana Rumah Donald Trump di Florida yang Digeledah FBI
FBI Geledah Rumah Donald Trump di Florida
Duka Keluarga Donald Trump Selimuti Pemakaman Ivana
Donald Trump Usulkan Guru di AS Diizinkan Bawa Senjata ke Ruang Kelas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini