Erdogan Salahkan Para 'Tiran Mesir' Atas Kematian Morsi

Selasa, 18 Juni 2019 15:03 Reporter : Tim Merdeka
Erdogan Salahkan Para 'Tiran Mesir' Atas Kematian Morsi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istrinya Emine Erdogan. REUTERS/Umit Bektas TPX IMAGES OF THE DAY

Merdeka.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyalahkan para penguasa Mesir atas kematian Mantan Presiden Mohammed Morsi yang meninggal di rumah sakit Kairo setelah pingsan selama sesi pengadilan. Erdogan bahkan menyebut mereka sebagai para tiran.

"Sejarah tidak akan pernah melupakan para tiran yang menyebabkan kematiannya lantaran memenjarakannya dan mengancamnya dengan eksekusi," kata Erdogan, sekutu dekat Mohammed Morsi, dalam pidato yang disiarkan televisi di Istanbul, Selasa (18/6).

Dikutip dari laman Channel News Asia,hubungan antara Turki dan Mesir telah hampir tidak ada sejak dipimpin oleh Jenderal Abdel Fattah al-Sisi. Pada 2013, dia menggulingkan presiden Morsi. Sejak itu Sisi menjadi presiden.

Erdogan mengecam penangkapan Morsi sebagai kudeta dan menyerukan pembebasan tahanan Ikhwanul Muslimin di Mesir.

"Di mata kami, Morsi adalah seorang yang kehilangan nyawanya demi sebuah kasus yang ia yakini," katanya.

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan: "Kudeta penangkapan Mohammed Morsi memang telah dilakukan oleh penguasa. Tetapi ingatan tentangnya tidak akan terhapus."

Dalam komentar sebelumnya, Erdogan membidik Sisi dan memanggilnya dengan sebutan tiran yang mengambil alih kekuasaan dalam kudeta dan yang telah menginjak-injak demokrasi.

Mantan Presiden Mohammed Morsi meninggal dunia pada usia 67 tahun setelah pingsan di dalam ruang sidang di Kairo pada Senin 17 Juni 2019, kata para pejabat Mesir.
Ia jatuh pingsan ketika disidang dalam kasus dakwaan mata-mata dan tak lama kemudian dikabarkan meninggal dunia, demikian dikutip dari laman BBC.com.

Menurut jaksa penuntut umum, Mohammed Morsi jatuh pingsan tidak lama setelah berbicara dari balik kerangkeng yang digunakan untuk menempatkan sebagian terdakwa ketika disidang.

Laporan medis tidak menunjukkan ia mengalami cedera baru-baru ini. Kabar meninggalnya Morsi tersebut dilaporkan oleh televisi pemerintah.

Reporter: Teddy Tri Setio Berty

Sumber: Liputan6.com [ian]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini