Duterte: Obama silakan pergi ke neraka!

Rabu, 5 Oktober 2016 10:43 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Duterte: Obama silakan pergi ke neraka! Obama-Duterte. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah menyebut Presiden Amerika Serikat Barack Obama brengsek, kali ini Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan Obama pergi ke neraka. Pernyataan tajam ini dilontarkan Duterte usai Obama dan Uni Eropa menaruh perhatian pada meningkatnya jumlah korban tewas perang narkoba di Filipina.

Duterte menyebutkan, Obama seharusnya mendukung Filipina mengatasi masalah serius mengenai narkoba di negara tersebut. Dia juga mengecam Amerika Serikat bahwa akan membuat sekutu dekat dengan China dan Rusia.

"Alih-alih membantu dan mendukung kita, Departemen Luar Negeri mereka (AS) malah jadi yang pertama mengkritik tentang perang narkoba ini. Obama, Anda bisa pergi ke neraka," ujar Duterte seperti dilaporkan Inquirer, Rabu (5/10).

Tak hanya kepada Obama, Duterte juga keras pada Uni Eropa. Pasalnya Uni Eropa mengaitkan perang narkoba ala Duterte dengan kasus pelanggaran hak asasi manusia.

"Dan untuk Uni Eropa, mungkin kalian lebih baik memilih ke api penyucian, karena neraka penuh," sambung mantan wali kota Davao tersebut.

Setelah balik dari kunjungan kerja ke Vietnam, Panglima Militer Filipina mengancam akan menarik kembali pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan (EDCA) antara Filipina dan AS karena masalah ini.

Dalam kampanyenya, Duterte terus menyebut akan memberantas narkoba jika terpilih menjadi Presiden Filipina. Hal ini ditepatinya setelah menjabat akhir Juni lalu.

Hampir 3.000 jiwa melayang lantaran perang narkoba ala Duterte ini. Mereka yang tewas kebanyakan bandar dan pengguna narkoba. [ard]

Baca juga:
Duterte berjanji akan menguliti para koruptor hidup-hidup
Duterte mau dikudeta, militer Filipina selidiki kebenarannya
Bunuh jutaan pecandu narkoba, Duterte samakan dirinya dengan Hitler
Lantaran kalimat ini Duterte minta maaf kepada kaum Yahudi
Duterte berang Obama ikut campur masalah Filipina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini