Dunia diminta tidak melupakan konflik di Palestina

Selasa, 8 Desember 2015 19:27 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Dunia diminta tidak melupakan konflik di Palestina Dubes Palestina untuk RI umumkan forum diskusi Yerusalem. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri Indonesia Hasan Kleib menyatakan Indonesia tidak melakukan hubungan diplomatik dengan Israel lantaran Palestina. Dia mengungkapkan Indonesia mendukung penuh kebebasan dan kedamaian di Palestina.

Karenanya, Indonesia setuju ketika Palestina dan Perserikatan Bangsa-Bangsa meminta untuk menjadikan Jakarta sebagai tempat dilaksanakannya Konferensi Internasional tentang Permasalahan Yerusalem. Menurut mantan Duta Besar Indonesia di Genewa ini, kesediaan Indonesia merupakan kontribusi upaya perjuangan hak-hak rakyat Palestina untuk kemerdekaan.

"Ini merupakan kontribusi Indonesia terhadap upaya perjuangan hak-hak rakyat Palestina dalam negara merdeka dan berdaulat dari pendudukan Israel," ungkap Hasan saat ditemui di Menara Thamrin, Jakarta, Selasa (8/12).

Menurut Hasan, konferensi yang diadakan Palestina dan PBB bekerja sama dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ini, tepat pada waktunya.

"Konferensi ini sangat tepat waktu, karena situasi keamanan dan politik di Timur Tengah sedang tidak kondusif," tutur dia.

Hasan mengimbau perhatian dunia kepada Palestina tidak berkurang oleh isu lain. Dia meminta dunia tidak melupakan konflik yang terjadi di Palestina.

Pada konferensi yang akan dihelat 14-15 Desember mendatang akan menghadirkan ahli politik dan tentara Palestina dan Israel. Mereka, lanjut Hasan, akan memberikan pandangan sebagai publik, bukan delegasi masing-masing negara.

Konferensi ini berdiri atas adanya kerja sama Palestina dengan Komite Palestina di PBB. Indonesia sendiri merupakan salah satu anggota komite tersebut.

Hasan menambahkan, ada 25 negara anggota komite, dan 24 negara observer. Dalam konferensi ini juga akan dibuka oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L. P. Marsudi dan Menlu Palestina Riad Malki. Sekjen OKI Iyad Ameen Madani juga digadang akan menghadiri konferensi ini.‎ [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini