Dubes RI: Pemberian Nama Jalan di Jakarta Bagian dari Praktik Tata Krama Diplomatik

Selasa, 19 Oktober 2021 11:14 Reporter : Pandasurya Wijaya
Dubes RI: Pemberian Nama Jalan di Jakarta Bagian dari Praktik Tata Krama Diplomatik Mustafa Kemal Ataturk. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, menjelaskan bahwa penamaan jalan di Jakarta dengan nama Bapak Bangsa Turki Mustafa Kemal Ataturk merupakan praktik tata karma diplomatik, di mana Pemerintah Turki sebelumnya telah memenuhi permintaan Indonesia terkait nama jalan di Ankara.

“Sebagai simbol kedekatan kedua bangsa yang sudah dimulai sejak abad ke-15, pemerintah Turki setuju memenuhi permintaan Indonesia untuk memberikan nama jalan di depan KBRI Ankara dengan nama Bapak Proklamasi kita, Ahmet Sukarno, nama yang dikenal di Turki,” kata Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, sesuai tata karma diplomatik, Indonesia pun akan memberikan nama jalan di Jakarta dengan nama jalan Bapak Bangsa Turki.

Dia pun menekankan bahwa pemerintah Turki akan menentukan nama jalan tersebut nantinya, bukan dari pemerintah Indonesia maupun dari pemerintah daerah DKI Jakarta.

“Kita masih menunggu usulan resmi nama jalan tersebut. Apapun itu nanti, pasti itu mewakili harapan pemimpin dan rakyat Turki,” kata Iqbal.

Sebelumnya, dalam pengarahan pers yang digelar pada Jumat (15/10), Iqbal mengatakan bahwa pemerintah Turki telah menyetujui penamaan jalan di depan KBRI Ankara tersebut.

Di bawah kerja sama kedua negara, Indonesia pun akan mengalokasikan jalan di Jakarta untuk dinamakan dengan nama dari Pemerintah Turki.

“Pemda DKI Jakarta telah menyampaikan komitmen tertulis bahwa Pemda DKI juga akan mengalokasikan jalan yang proper di DKI, di wilayah DKI untuk dinamakan dengan nama pendiri bangsa Turki, yang namanya sedang kita tunggu dari pemerintah Turki,” kata Iqbal. [pan]

Baca juga:
Sepak Terjang Mustafa Kemal Ataturk, Tokoh Turki yang Namanya akan Jadi Jalan di DKI
Perempuan Turki Catat Rekor Sebagai Wanita Tertinggi di Dunia
Pria Turki Ikut Operasi Pencarian Orang Hilang yang Ternyata Dirinya Sendiri
Presiden Turki Erdogan Kritik Pemerintahan Baru Taliban karena Tidak Inklusif
Nenek Berusia 116 Tahun Asal Turki Sembuh dari Covid-19
Turki Kirim Bantuan 50 Ventilator dan 600.000 Boks Obat Covid-19 ke Indonesia

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Turki
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini