Dubes AS untuk PBB tuduh Rusia ganggu laporan PBB tentang Korea Utara

Jumat, 14 September 2018 13:00 Reporter : Farah Fuadona
Dubes AS untuk PBB tuduh Rusia ganggu laporan PBB tentang Korea Utara Nikki Haley. ©2017 cnbc.com

Merdeka.com - Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, menuduh Rusia mencampuri laporan PBB tentang penerapan sanksi Korea Utara dengan menekan para ahli untuk melakukan perubahan.

"Dalam beberapa pekan terakhir, Rusia menekan panel untuk mengubah laporan independennya, termasuk pelanggaran sanksi yang melibatkan para aktor Rusia," kata rilis itu. "Ini adalah contoh terbaru dari Rusia yang menutup-nutupi kasus-kasus di mana telah terlibat dalam pelanggaran resolusi Dewan Keamanan yang berkaitan dengan Korea Utara, termasuk dengan memblokir penunjukan PBB dari perusahaan Rusia dan China, individu, dan kapal yang terlibat dalam pelanggaran sanksi."

Dilansir dari Sputnik, Jumat (14/9), dia kecewa terhadap para ahli yang berada dalam panel PBB menyerah pada tekanan Rusia.

"Ini adalah preseden berbahaya dan noda pada pekerjaan penting Panel," kata Haley. "Kami telah melihat laporan asli dan kami tahu kebenarannya - panel harus melakukan hal yang benar dan merilisnya."

Rilis itu mengatakan bahwa laporan panel ahli PBB seharusnya independen untuk memberikan kepada Dewan Keamanan rincian penting dan analisis tidak memihak tentang status sanksi terhadap Korea Utara. Intervensi Rusia dianggap pihak AS merusak kesucian dari proses panel independen di PBB. [frh]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini