Dua Pesawat Jet India Bertabrakan di Udara

Selasa, 19 Februari 2019 16:39 Reporter : Hari Ariyanti
Dua Pesawat Jet India Bertabrakan di Udara pesawat angkatan udara India. ©AFP

Merdeka.com - Dua pesawat Angkatan Udara India (INF) tim aerobatik yang dikenal dengan nama Surya Kiran (sinar matahari) bertabrakan di udara saat berlatih untuk ajang pameran dirgantara, Aero India Show 2019. Dilaporkan ada tiga pilot dalam dua jet tersebut, satu tewas dan dua lagi berhasil keluar dengan kursi pelontar dan sudah dievakuasi. Pesawat naas itu jatuh di dekat pangkalan Yelahanka, selatan Bangalore.

Pilot dilaporkan tengah mengasah keterampilan mereka untuk penyelenggaraan Aero India Show ke-12 yang akan berlangsung 20-24 Februari. Demikian dilansir dari laman Russia Today, Selasa (19/2).

Informasi detil bagaimana kecelakaan terjadi belum diketahui sampai saat ini. Dari berbagai foto dan video kecelakaan yang tersebar di media sosial menunjukkan asap membumbung tinggi dari lokasi kecelakaan.

Tim aerobatik udara Surya Kiran dibentuk pada 1996 dan kerap melakukan sejumlah pertunjukan penerbangan aerobatik. Tim ini dibentuk kembali dua tahun lalu, setelah dihentikan pada 2011. Untuk aksi udara, tim menggunakan HJT-16 Kiran Mk. Pesawat pelatihan II, serta jet Hawk Mk-132.

Aero India Show merupakan pameran dirgantara yang berlangsung setiap dua tahun. Selain bertujuan untuk kesepakatan bisnis, agenda ini juga selalu menampilkan pertunjukan dan aksi tim aerobatik. [pan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini