Dua jet tempur F-16 Amerika tabrakan di udara saat latihan

Sabtu, 3 Agustus 2013 11:03 Reporter : Pandasurya Wijaya
Dua jet tempur F-16 Amerika tabrakan di udara saat latihan pesawat jet tempur F-16. ©walls.com

Merdeka.com - Dua pesawat jet tempur F-16 Garda Nasional Amerika Serikat bertabrakan di udara saat latihan di atas perairan timur Virginia Kamis malam.

Kapten Michael Odle, kepala hubungan masyarakat dari Garda Nasional mengatakan kedua sayap jet itu saling menyerempet memaksa salah satu pilot menyelamatkan diri dengan kursi pelontar, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Jumat (2/8). Salah satu pilot lagi berhasil mendaratkan pesawatnya kembali ke pangkalan militer di Maryland.

Odle tidak merinci bagaimana peristiwa itu bisa terjadi. Kedua pesawat itu tengah berlatih untuk mengantisipasi pergerakan pesawat asing yang mendekati wilayah larangan terbang di Ibu Kota Washington.

Garda Nasional hingga saat ini tidak mengumumkan nama kedua pilot jet itu. Tapi Odle mengatakan kedua pilot itu sudah berpengalaman. Satu pilot adalah kapten dan satu lagi seorang letnan kolonel.

Penjaga Perairan mengatakan pilot yang melontarkan diri itu berhasil diselamatkan pada Jumat pagi dan dalam keadaan sehat.

Satu pilot lagi sudah diperiksa pihak medis dan sudah dibolehkan pulang.

"Kami sangat beruntung hanya kehilangan pesawat dan bukan nyawa dari pilot kami," kata Bigradir Jenderal Marc Sasseville, Komandan 113th Wing. [fas]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini