DPR AS Batasi Trump Gunakan Kekuatan Militer Serang Iran Tanpa Persetujuan Kongres

Jumat, 10 Januari 2020 12:16 Reporter : Hari Ariyanti
DPR AS Batasi Trump Gunakan Kekuatan Militer Serang Iran Tanpa Persetujuan Kongres Trump kunjungi pasukan as di irak. ©AP/Andrew Harnik

Merdeka.com - DPR Amerika Serikat (AS) pada Kamis menyelenggarakan pemungutan suara untuk menyetujui sebuah solusi bertujuan untuk membatasi kemampuan Presiden Donald Trump untuk menggunakan kekuatan militer terhadap Iran tanpa persetujuan kongres, di tengah memanasnya tensi dengan Iran.

Hasil pemungutan suara yaitu 224 anggota setuju dan 194 menolak. Anggota DPR Republik; Matt Gaetz, Thomas Massie, dan Francis Rooney melanggar garis partainya dan setuju atas resolusi tersebut. Sementara anggota dari Demokrat yaitu Max Rose, Ben McAdams, Anthony Brindisi, Joe Cunningham, Elaine Luria, Josh Gottheimer, Kendra Horn, dan Stephanie Murphy menolak resolusi tersebut.

Resolusi tersebut disetujui di tingkat DPR dan akan dibawa ke tingkat Senat.

Anggota DPR dari Demokrat, Elissa Slotkin, yang juga mantan analis CIA dan pejabat senior Departemen Pertahanan adalah pendukung resolusi tersebut. Dia menyerukan Presiden Donald Trump untuk mengakhiri pelibatan pasukan khusus AS dalam permusuhan atau terhadap Iran, kecuali Kongres menyatakan perang atau memberlakukan "otorisasi undang-undang khusus" untuk penggunaan pasukan bersenjata.

Satu pengecualian tambahan yang dijabarkan dalam resolusi tersebut adalah jika penggunaan pasukan bersenjata "diperlukan dan sesuai untuk mempertahankan diri dari serangan bersenjata yang akan segera terjadi terhadap Amerika Serikat." Demikian dikutip dari CNN, Jumat (10/1).

Pemungutan suara tersebut dilakukan sehari setelah Presiden Trump memberi sinyal menurunkan ketegangan dengan Iran.

"Iran tampaknya mengundurkan diri," ujarnya, setelah Iran membalas pembunuhan Qassim Sulaimani dengan menyerang pangkalan pasukan AS di Irak.

Baca Selanjutnya: Terlepas dari upaya penurunan eskalasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini