Donald Trump Umumkan Israel dan Maroko Sepakat Normalisasi Hubungan

Jumat, 11 Desember 2020 09:47 Reporter : Hari Ariyanti
Donald Trump Umumkan Israel dan Maroko Sepakat Normalisasi Hubungan Donald Trump klaim kemenangan Pilpres AS. ©REUTERS/Carlos Barria

Merdeka.com - Pada Kamis, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan Israel dan Maroko telah sepakat menormalisasi hubungan. Seiring dengan kebijakan besar ini, AS juga setuju untuk mengakui klaim Maroko atas wilayah Sahara Barat yang telah lama disengketakan sebagai bagian kesepakatan tersebut.

Trump menyampaikan, Israel dan Maroko akan memperbaiki hubungan diplomatic dan hubungan bidang lainnya, termasuk pembukaan kembali kantor penghubung di Tel Aviv dan Rabat, pembukaan kedutaan besar dan izin penerbangan bersama untuk maskapai penerbangan kedua negara.

Perjanjian tersebut dibangun di atas salah satu pencapaian kebijakan luar negeri utama AS, mendapatkan pengakuan yang lebih luas atas Israel di dunia Arab di bawah “Perjanjian Abraham”. Bagi Maroko, ini juga merupakan pencapaian besar: pengakuan AS atas klaimnya atas Sahara Barat, yang tak diakui PBB dan menjadi subjek sengketa internasional selama beberapa dekade.

Dikutip dari AP, Jumat (11/12), Gedung Putih mengatakan Trump dan Raja Maroko Muhammad VI bersepakat Maroko akan "melanjutkan hubungan diplomatik antara Maroko dan Israel dan memperluas kerja sama ekonomi dan budaya untuk memajukan stabilitas regional."

“Terobosan SEJARAH lagi hari ini! Dua teman HEBAT kami Israel dan Kerajaan Maroko telah menyetujui hubungan diplomatik penuh - sebuah terobosan besar untuk perdamaian di Timur Tengah! ” kicau Trump di Twitter.

Terkait Sahara Barat, Trump mengatakan Maroko adalah negara pertama yang mengakui Amerika Serikat sebagai negara merdeka hanya setahun setelah AS mendeklarasikan kemerdekaannya dari Inggris pada 1776.

“Karena itu sudah sepatutnya kita mengakui kedaulatan mereka atas Sahara Barat,” kata Trump.

Baca Selanjutnya: Kesepakatan tersebut merupakan hasil pembicaraan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini