Donald Trump Takkan Biarkan Iran Miliki Nuklir

Jumat, 7 Desember 2018 15:39 Reporter : Jayanti
Donald Trump Takkan Biarkan Iran Miliki Nuklir Reaktor nuklir Iran. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan tidak akan pernah mengizinkan Iran memiliki senjata nuklir. Itu disampaikan dalam pernyataan singkat di Gedung Putih pada Kamis (6/12).

Trump mengatakan kesepakatan Iran mengerikan. Dia bersikeras kesepakatan itu tidak pernah dibuat. Itu dibicarakan pada para tamu Yahudi-Amerika saat acara pertemuan Hannukah.

Dilansir dari Radio Frada, Jumat (7/12), Trump mengatakan bahwa Iran telah diberikan sanksi keras yang belum pernah terjadi sebelumnya. Presiden Trump mengulangi salah satu argumen utamanya yang mendasari pemberian sanksi keras terhadap Iran.

"Kita tidak bisa membiarkan sponsor teror di dunia, rezim lah yang meneriakkan, 'kematian bagi Amerika' dan mengancam Israel sepanjang waktu dengan pemusnahan, dan terus-menerus berteriak 'Kematian bagi Israel', untuk memiliki senjata paling mematikan di bumi," kata Trump pada pendengarnya yang mulai meneriakkan 'Empat tahun lagi, empat tahun lagi'.

Dia menyebut Israel adalah bangsa yang megah dan memiliki secercah harapan. Dia menegaskan kembali dukungannya bagi negara Yahudi sebagai teman dan mitranya yang berharga.

Keputusan Trump untuk meninggalkan kesepakatan nuklir Iran pada Mei dan kemudian memaksakan sanksi telah berdampak buruk pada ekonomi Iran, dengan mata uang nasional yang terdevaluasi, inflasi, pengangguran dan kerusuhan pekerja. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini