Donald Trump Siap Serahkan Kekuasaan Jika Kalah Asalkan Pemilu Berlangsung Jujur

Jumat, 16 Oktober 2020 18:47 Reporter : Hari Ariyanti
Donald Trump Siap Serahkan Kekuasaan Jika Kalah Asalkan Pemilu Berlangsung Jujur Kampanye Donald Trump Usai Sembuh dari Covid-19. ©2020 REUTERS/Jonathan Ernst

Merdeka.com - Presiden AS Donald Trump mengatakan siap menyerahkan kekuasaan secara damai kepada penggantinya jika kalah dalam pemilihan presiden pada November mendatang. Namun dia meragukan pemilu berlangsung jujur dan membuat klaim tak berdasar pejabat pada pemerintahan Obama memata-matai kampanyenya pada 2016.

“Mereka memata-matai kampanye saya dan mereka mencoba menjatuhkan presiden yang sedang berkuasa, dan kemudian mereka berbicara tentang 'akankah Anda menerima penyerahan kekuasaan secara damai?' Dan jawabannya adalah ya, saya akan melakukannya tetapi saya ingin ini menjadi pemilu yang jujur dan begitu pula semua orang, ketika saya melihat ribuan surat suara dibuang ke tempat sampah dan kebetulan ada nama di atasnya, saya tidak senang dengan hal itu,” Jelas Trump, dikutip dari CNN, Jumat (16/10).

Ketika ditanya mengapa meragukan hasil pemilu, Trump mengatakan “Saya tidak ingin itu terjadi, saya ingin ini bersih, dan benar-benar merasa kami akan menang, tetapi saya ingin itu bersih”.

Christopher Wray, Direktur FBI juga mengatakan tidak ada bukti kecurangan pemilih yang meluas, namun Trump justru mengecamnya dengan mengatakan “Oh, benarkah? Jadi dia tidak melakukan pekerjaannya dengan baik”.


Trump sebelumnya mengatakan tidak akan melepaskan jabatannya jika kalah pada November mendatang.

“Yah, kita harus melihat apa yang terjadi,” ujarnya pada September lalu.

Reporter Magang: Galya Nge [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini