Donald Trump Peringatkan Rusia Tak Ikut Campur Soal Venezuela

Kamis, 28 Maret 2019 12:19 Reporter : Ira Astiana
Donald Trump Peringatkan Rusia Tak Ikut Campur Soal Venezuela Pesawat pembom nuklir Tupolev Tu-60 Blackjack. ©2018 AFP Photo/Federico PARRA

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengeluarkan peringatan kepada Rusia untuk tidak ikut campur dalam persoalan Venezuela. Venezuela sendiri saat ini tengah mengalami kondisi ekonomi terburuk di bawah pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

Di tengah kondisi Venezuela yang sedang memanas, Rusia memberikan dukungan bagi pemerintahan Maduro dengan cara mengirim dua pesawat bermuatan pasukan Rusia. Bantuan yang diberikan kepada negara Amerika Latin itu sebagai wujud dari perjanjian kerja sama yang disepakati dengan Rusia pada 2001 silam.

Dua pesawat Rusia mendarat di Caracas pada Sabtu (23/3) lalu. Bantuan yang diberikan kepada Venezuela ini kontan menimbulkan kekhawatiran bagi AS. Berbicara di Gedung Putih, Trump menyebut bahwa semua pilihan bisa dilakukan oleh AS untuk mengeluarkan Rusia dari urusan Venezuela, sebagaimana dikutip dari Rusia Today, Kamis (28/3).

Tak hanya itu, Wakil Presiden AS Mike Pence menyebut langkah tersebut sebagai provokasi yang tidak perlu dilakukan. Pence juga meminta Rusia untuk menarik dukungannya terhadap Maduro dan mendukung Juan Guaido, pemimpin oposisi yang didukung oleh AS, untuk menjadi pemimpin Venezuela berikutnya.

Pada Rabu lalu, Trump bertemu dengan istri Guaido untuk menjanjikan dukungan kepada suaminya.

Sementara itu, Rusia tampak tidak terpengaruh dengan peringatan Trump. Kementerian Luar Negeri Rusia berkeras bahwa penempatan pesawat itu sudah sesuai dengan konstitusi negara dan sesuai dengan norma-norma hukum yang berlaku. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini