Donald Trump Klaim Dinominasikan Perdana Menteri Jepang Raih Nobel Perdamaian

Senin, 18 Februari 2019 11:00 Reporter : Hari Ariyanti
Donald Trump Klaim Dinominasikan Perdana Menteri Jepang Raih Nobel Perdamaian Kim Jong-un bersalaman dengan Trump. ©2018 Merdeka.com/REUTERS

Merdeka.com - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menominasikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk penghargaan prestisius Nobel Perdamaian pada musim gugur tahun lalu. Ini dilakukan Abe setelah diminta langsung oleh Washington.

Washington meminta kepada Tokyo terkait kemungkinan mencalonkan Trump untuk penghargaan tersebut setelah pertemuan puncaknya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada Juni tahun lalu. Hal ini disampaikan sumber dari pemerintah Jepang yang tak ingin namanya dicantumkan.

Berita ini muncul setelah pada Jumat lalu Trump mengklaim Abe menominasikannya untuk Nobel Perdamaian. Trump mengatakan Abe mengirimkannya salinan lima halaman surat pencalonan yang disampaikan kepada Komite Nobel Perdamaian karena Abe menghargai upayanya menurunkan ketegangan dengan Pyongyang.

"Dia (Abe) mengatakan,'Saya telah mencalonkan Anda dengan hormat atas nama Jepang. Saya meminta mereka untuk memberi Anda Nobel Perdamaian'. Saya mengucapkan terima kasih," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, dilansir dari South China Morning Post, Senin (18/2).

"Banyak orang juga merasakan hal yang sama. Saya mungkin tidak akan pernah mendapatkannya. Tidak apa-apa," lanjut Trump. Sementara itu para pejabat Jepang tidak menanggapi permintaan klarifikasi atas klaim Trump atau laporan surat kabar tersebut. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini