Donald Trump Kembali Lolos dari Pemakzulan

Minggu, 14 Februari 2021 17:38 Reporter : Pandasurya Wijaya
Donald Trump Kembali Lolos dari Pemakzulan Donald Trump. ©2018 Associated Press

Merdeka.com - Senat Amerika Serikat tadi malam memutuskan untuk membebaskan mantan presiden Donald Trump dalam persidangan pemakzulannya --yang kedua dalam setahun.

Rekan-rekannya dari kubu Partai Republik berhasil memblokir pendirian bahwa Trump berperan dalam serangan maut yang dilancarkan oleh para pendukungnya di gedung parlemen AS, Capitol, pada 6 Januari lalu.

Pemungutan suara di tingkat Senat berakhir dengan skor 57-43. Hasil tersebut tidak memenuhi angka dua pertiga mayoritas yang diperlukan untuk dapat menghukum Trump.

Trump tadinya diupayakan untuk dihukum atas tuduhan menghasut pemberontakan, setelah persidangan yang berlangsung lima hari di Gedung Capitol dirangsek para pengikutnya pada 6 Januari. Massa pendukung Trump menyerbu gedung itu tak lama setelah mereka mendengar pidato yang berkobar dari Trump.

Dilansir dari laman Antara mengutip Reuters, Minggu (14/2), selama pemungutan suara, tujuh dari 50 anggota Senat asal Partai Republik bergabung dengan Partai Demokrat, yang bersatu dalam mendukung hukuman terhadap Trump.

Trump meninggalkan jabatannya sebagai presiden AS pada 20 Januari, sehingga pemakzulan tidak dapat digunakan untuk menggulingkannya dari kekuasaan.

Baca Selanjutnya: Namun saat itu Demokrat berharap...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini