Donald Trump ingin ambil alih Venezuela karena ekonomi makin memburuk

Kamis, 5 Juli 2018 15:27 Reporter : Ira Astiana
Donald Trump ingin ambil alih Venezuela karena ekonomi makin memburuk Warga Venezuela jarah supermarket. ©Reuters

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan niatnya untuk menyingkirkan Presiden Nicolas Maduro dan menginvasi Venezuela dengan tujuan menstabilkan ekonomi negara tersebut. Niatan ini disampaikan Trump beberapa kali.

Mengutip keterangan pejabat Gedung Putih yang menolak menyebutkan namanya, Trump pertama kali melontarkan ide itu saat menggelar pertemuan dengan pejabat AS lain di Ruang Oval.

"Usulan itu mengejutkan mereka yang hadir dalam pertemuan itu, termasuk Menteri Luar Negeri AS saat itu Rex Tillerson dan penasihat keamanan nasional H.R. McMaster," ungkap pejabat tersebut, dikutip the Week, Kamis (5/7).

Kemudian, Trump kembali mengangkat gagasan itu secara terbuka dalam sebuah pidato.

"Kami memiliki banyak pilihan untuk Venezuela, termasuk kemungkinan opsi militer jika perlu," ujarnya.

Bahkan, kata pejabat tersebut, Trump sampai menyampaikan ide itu secara pribadi kepada Presiden Kolombia Juan Manuel Santos, sebelum menanyai para pemimpin lain dari empat negara Amerika Latin di sela-sela Sidang Umum PBB.

"Trump bilang, 'staf saya menyarankan agar saya tidak mengatakan ini', tetapi dia tetap menanyakannya secara bergilir dari meja ke meja. Apa mereka yakin tidak menginginkan solusi militer," beber pejabat itu.

Pada akhirnya para pemimpin itu menyatakan bahwa mereka yakin dan McMaster pun membujuk Trump agar membatalkan ide itu, mengingat betapa berbahayanya invasi sebuah negara.

Hingga berita diturunkan, pihak Gedung Putih masih enggan memberikan komentar. Mereka menyatakan tidak akan berkomentar mengenai percakapan pribadi. [frh]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini