Donald Trump akan Rilis Video Penyerangan Al Baghdadi

Selasa, 29 Oktober 2019 15:07 Reporter : Hari Ariyanti
Donald Trump akan Rilis Video Penyerangan Al Baghdadi Presiden Donald Trump. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan pada Senin (28/10), dia kemungkinan akan merilis potongan video saat pasukannya menyerang pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi di Suriah. Dalam serangan itu, Baghdadi yang memakai rompi bom tewas setelah meledakkan diri.

"Kami mungkin akan mengambil bagian-bagian penting video dan merilisnya," kata Trump saat berangkat dari Washington menuju Chicago, dilansir dari laman Alarabiya, Selasa (29/10).

Serangan yang dipimpin pasukan khusus AS berlangsung pada Sabtu. Trump menjelaskan penyerangan secara rinci pada Minggu, mengatakan Baghdadi tewas saat meledakkan rompi bom setelah terpojok oleh tentara AS dalam sebuah terowongan, bersama tiga anak-anak.

Dalam komentarnya, Trump menggambarkan kematian Baghdadi seperti seekor anjing. Saat menyampaikan berita ini, nada suaranya sangat berbeda dari pengumuman serupa oleh presiden sebelumnya saat mengumumkan kematian Osama bin Laden pada 2011 lalu.

Sebuah laporan di The New York Times, mengutip pejabat militer dan intelijen, meragukan beberapa deskripsi Trump, termasuk klaimnya yang berulang bahwa Baghdadi "merintih dan menangis" di terowongan.

Trump mengatakan komentarnya berdasarkan apa yang dia saksikan saat menonton secara langsung serangan tersebut, seperti menonton film. Berdasarkan laporan tersebut, Trump tak memiliki akses audio saat kejadian berlangsung, atau tak dapat melihat tayangan langsung dari dalam terowongan. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini