Ditinggalkan Warganya, Kota dan Desa ini Tawarkan Rumah dan Uang untuk Penduduk Baru

Kamis, 7 November 2019 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Ditinggalkan Warganya, Kota dan Desa ini Tawarkan Rumah dan Uang untuk Penduduk Baru desa albinen di swiss. ©Oddity Central

Merdeka.com - Beberapa kota dan desa di negara lain menawarkan hadiah demi menarik pendatang baru untuk menetap di sana. Biasanya, kota dan desa tersebut mulai sepi karena ditinggal penduduknya. Kini pemerintah kota dan desa ini melakukan berbagai cara demi menarik pendatang baru untuk menetap.

Berikut kota dan desa yang tawarkan hadiah mulai dari rumah gratis hingga uang ratusan juta untuk pikat pendatang baru:

1 dari 3 halaman

Tawarkan Rumah Gratis

Cammarata, salah satu kota di Sisilia, Italia, menawarkan rumah secara cuma-cuma alias gratis. Cara ini dilakukan karena kota Cammarata ditinggalkan penduduknya dan bangunan kosong belum ditempati oleh pendatang baru.

Wali Kota Vincenzo Giambrone menghabiskan tiga tahun terakhir untuk meyakinkan pemilik rumah yang telah lama meninggalkan rumahnya untuk menyerahkan bangunan yang kosong dan rusak kepada para pendatang baru. Nantinya rumah itu akan diberikan kepada warga baru secara gratis.

"Saya tidak tahan melihat pusat bersejarah tua yang indah ini kosong dan berubah menjadi reruntuhan. Ini membuat saya terluka. Para pemilik tidak menyadari kerusakan yang mereka timbulkan ketika mereka meninggalkan rumah mereka dan menolak untuk menata ulang tempat tinggal kuno mereka. Itu meninggalkan bekas luka yang dalam di lanskap kota dengan risiko runtuh yang berbahaya," katanya.

Menurut Giambrone, ada sekitar puluhan bangunan dari batu alam kosong yang tersedia saat ini. Dan setidaknya 100 rumah kosong lainnya, semuanya terletak di bagian paling tua Cammarata, berpotensi diselamatkan, Giambrone memiliki harapan besar untuk skema ini.

2 dari 3 halaman

Tawarkan Uang Ratusan Juta

Desa Albinen di Swiss sedang mengalami perpindahan penduduk atau imigrasi besar-besaran. Tapi dewan desa di sana tidak menyerah begitu saja. Desa di Valais dengan penduduk 240 orang ini siap memberikan hadiah 70.000 franc Swiss atau sekitar Rp958 juta untuk mengajak orang luar menetap di sana.

Jumlah hadiah yang sangat besar ini akan dibayarkan oleh desa kepada keluarga yang beranggotakan empat orang dan mau pindah ke Albinen. Orang dewasa menerima Rp344 juta dan anak-anak Rp137 juta.

Sebagai permulaan, penduduk yang bisa menetap di sana hanya dibolehkan berusia di bawah 45 tahun. Selain itu, pendatang baru harus setuju untuk tetap bertahan minimal 10 tahun, ditambah membeli rumah atau merenovasi yang sudah ada di desa.

3 dari 3 halaman

Pindah ke Desa Kuno, Dapat Uang Puluhan Juta

Wali Kota Candela, Italia, Nicoma Gatta menawarkan uang senilai 2 000 atau sekitar Rp43 juta untuk siapa saja yang bersedia pindah ke desa kecil di Candela, yang terletak di Pantai Timur wilayah Puglia.

Kota ini sebelumnya dikenal dengan "Naples Kecil". Namun ditinggalkan penduduknya karena jalanannya yang padat. Kini penduduknya mulai turun drastis dalam beberapa tahun terakhir dari 8.000 menjadi 2.700 orang.

Wali Kota Gatta berharap hadiah uang tunai akan menarik perhatian orang-orang Italia maupun orang asing untuk pindah ke kota kuno tersebut dan menetap di sana.

"Sampai tahun 1960-an, pelancong menyebutnya 'Nap'licchie' atau Little Naples, karena jalanannya penuh dengan para musafir, turis, dan pedagang," kata Gatta.

"Sebagian besar kaum milenial dari kota tersebut lebih memilih mencari pekerjaan dan tinggal di tempat lain," jelas Gatta, seperti dilansir dari Asia One, Rabu (25/10).

Dengan harapan dapat meningkatkan populasi, kota tersebut akan memberikan uang sebesar 800 setara Rp12,7 juta untuk lajang, 1.200 (Rp19 juta) untuk pasangan dan 2.000 atau Rp31,9 juta untuk keluarga.

Menurut sebuah laporan, meski mendapat dukungan dana, pemohon yang tertarik masih harus berkontribusi ke desa tersebut. Seperti dengan menyewa atau membeli rumah dan mencari pekerjaan. [dan]

Baca juga:
Demi Pikat Penduduk Baru, Kota Cammarata di Italia Tawarkan Rumah Gratis
Situs Warisan Dunia di Italia Terbakar
Melihat Panen Anggur untuk Wine di Italia
Deretan Negara dengan Layanan Kesehatan Terbaik dan Terburuk di Dunia
Tujuh Negara dengan Keran Air Siap Minum Terbersih di Dunia
Ini Deretan Negara Terbaik untuk Tempat Tinggal dan Bekerja

Topik berita Terkait:
  1. Italia
  2. Swiss
  3. Pedesaan
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini