Diterpa skandal seks, Nobel Sastra tahun ini dibatalkan

Jumat, 4 Mei 2018 17:26 Reporter : Pandasurya Wijaya
Diterpa skandal seks, Nobel Sastra tahun ini dibatalkan Hadiah Nobel. ©theguardian.com

Merdeka.com - Akademi Swedia yang menganugerahkan hadiah bergengsi Nobel Sastra hari ini mengumumkan mereka tidak akan menyerahkan hadiah itu tahun ini karena diterpa kasus skandal yang menyebabkan lembaga itu jadi sorotan dunia dan beberapa anggota dewan juri mengundurkan diri.

Penundaan atau pembatalan anugerah sastra ini belum pernah terjadi dalam beberapa dekade, namun lembaga bergengsi Akademi Swedia sudah rusak reputasinya lantaran skandal ini.

"Keputusan terbaru ini muncul di saat sorotan negatif terhadap Akademi dan menyusutnya kepercayaan diri di tubuh Akademi," kata pernyataan Akademi, seperti dilansir laman Channel News Asia, Jumat (4/5).

Rencananya Akademi akan mengumumkan dua pemenang pada tahun depan, termasuk peraih penghargaan di 2018.

"Kami memandang perlu berkomitmen soal waktu untuk mengembalikan kepercayaan diri publik di Akademi sebelum pengumuman pemenang berikutnya disampaikan," ujar Anders Olsson, pejabat perwakilan Akademi Swedia.

Skandal melibatkan Akademi ini bermula ketika muncul tuduhan pelecehan seksual terhadap suami dari salah satu dewan Akademi, lembaga yang didirikan oleh Raja Gustav III pada 1786 dan masih dalam perlindungan kerajaan.

Kredibilitas lembaga Akademi Swedia menjadi sorotan lantaran 18 perempuan melaporkan ada pelecehan seksual dan kekerasan seksual dialami mereka oleh fotografer dan budayawan Jean-Claude Arnault, suami dari anggota Akademi, Katarina Frostenson. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Swedia
  2. Nobel
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini