Direktur CDC AS: Pakai Masker Dua Lapis Lebih Efektif Cegah Penyebaran Covid-19

Selasa, 26 Januari 2021 09:22 Reporter : Pandasurya Wijaya
Direktur CDC AS: Pakai Masker Dua Lapis Lebih Efektif Cegah Penyebaran Covid-19 anthony fauci. ©REUTERS/Tom Brenner

Merdeka.com - Direktur Institut Nasional Penyakit Alergi dan Menular Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci dalam wawancara dengan stasiun televisi NBC kemarin mengatakan memakai dua lapis masker bisa lebih efektif mencegah penyebaran Covid-19.

Dilansir dari laman CNN, Selasa (26/1), menurut Fauci memakai dua lapis masker atau masker N95 bisa lebih mencegah penyebaran Covid-19.

"Karena, ini adalah bentuk perlindungan fisik untuk mencegah tetesan dan virus masuk," kata Fauci, "jadi jika Anda melindungi dengan satu lapis lalu menambahnya lagi dengan satu lapis maka masuk akal jika itu akan lebih efektif dan itulah alasan mengapa kita lihat ada orang memakai dua lapis masker atau N95."

Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyarankan warga memakai masker di ruang publik dan di mana pun ketika berada di sekitar orang lain. CDC juga menyarankan memakai dua lapis masker yang menutupi hidung dan mulut penggunanya.

Sementara itu Presiden Joe Biden kemarin mengumumkan akan kembali menerapkan pembatasan kedatangan warga asing setelah sebelumnya dicabut oleh mantan Presiden Donald Trump.

Dengan aturan ini maka AS kembali melarang masuk warga non-AS yang berasal dari Brasil, Irlandia, Inggris, dan sebagian negara Eropa serta Afrika Selatan.

"Presiden akan menandatangani aturan kepresidenan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 melalui perjalanan, terutama yang kita lihat penyebarannya varian baru virus corona di berbagai negara," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki dalam jumpa pers kemarin. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini