Dikenal Sebagai Istri Bos Kartel Narkoba, Siapa Sesungguhnya Emma Coronel Aispuro?

Senin, 1 Maret 2021 14:22 Reporter : Hari Ariyanti
Dikenal Sebagai Istri Bos Kartel Narkoba, Siapa Sesungguhnya Emma Coronel Aispuro? Emma Coronel Aispuro. ©REUTERS/Jeenah Moon/File Photo

Merdeka.com - Terlepas dari statusnya sebagai istri mafia narkoba ternama dunia, Joaquín “El Chapo” Guzmán, Emma Coronel Aispuro hidup jauh dari sorotan – sampai ketika suaminya dipenjara seumur hidup.

Kemudian, tiba-tiba, dia muncul di media sosial. Ada pembicaraan terkait peluncuran lini busana. Bahkan ada sebuah penampilan di reality show yang didedikasikan untuk keluarga mafia pengedar narkoba tersebut.

Tindakan-tindakan Coronel tak luput dari perhatian. Menyusul penangkapannya akhir Februari lalu di mana dia duga bersekongkol untuk mengedarkan narkoba, banyak yang bertanya-tanya terkait sosoknya.

Menurut editor eksekutif harian Noroeste, Adrian Lopez, Emma Coronel tetap tak dikenal seperti hampir semua mitra kartel Sinaloa sampai dia muncul di persidangan.

Setelah itu, “dia mulai bertingkah laku layaknya selebritas. Ini melanggar tradisi ketertutupan dan gaya hidup khususnya di dalam kepemimpinan kartel Sinaloa,” jelasnya, dikutip dari TIME, Senin (1/3).

Tahun lalu, wartawan investigasi Meksiko, Anabel Hernandez — yang secara eksklusif menulis tentang kartel Sinaloa, termasuk buku yang terbit pada 2019 tentang diari putra pemimpin kartel Ismael “El Mayo” Zambada — mengatakan seorang sumber mengatakan kepadanya ibu Coronel, Blanca Aispuro, khawatir dengan perubahan hidup putrinya.

Kekhawatiran juga dirasakan putra-putra Guzman dan pemimpin kartel Sinaloa Ismael “El Mayo” Zambada. Hernandez juga merupakan wartawan pertama yang mewawancari Emma Coronel.

“Ibunya juga khawatir musuh kartel bisa menyakiti Emma karena dia bebas, dia kerap berada di jalan, klub, aktif di kehidupan sosialnya,” jelas Hernandez seperti yang diceritakan seorang sumber kepadanya.

“Ibunya khawatir hal-hal seperti itu bisa terjadi atau dia bisa menjadi target pemerintah.”

2 dari 3 halaman

Mantan ratu kecantikan

kecantikan

Emma Coronel adalah seorang mantan ratu kecantikan.

El Chapo telah menikah beberapa kali, seperti yang dia ungkapkan dalam sidangnya di New York, El Capo mengaku jauh dari setia.

Duduk di ruang sidang, Emma Coronel mendengar seorang perempuan bersaksi bagaimana dia dan suaminya melakukan pelarian dramatis dari penggerebekan tengah malam Angkatan Laut Meksiko dari salah satu persembunyiannya.

Setiap menghadiri persidangan suaminya, Coronel selalu tersenyum, mengirim kecupan jauh untuk suaminya.

“Tapi pada kenyataannya mereka menceritakan kepada saya Emma sangat, sangat marah dan sangat terluka,” kata Hernandez.

“Dan ketika persidangan berakhir, dia memutuskan membalas dendam dan cara membalas dendam adalah membuat suaminya melihat hal berharga yang telah hilang dari dirinya.”

Menikah muda

Emma Coronel (31) lahir di San Francisco, tapi besar di daerah pegunungan Durango perbatasan negara bagian Sinaloa yang merupakan wilayah miskin yang dikenal sebagai Segitiga Emas.

Emma dan El Chapo menikah pada 2007 saat Emma berusia 18 tahun. Saat itu El Chapo berusia 50 tahun dan salah satu pengedar narkoba paling kuat di dunia.

Selama bertahun-tahun, satu-satunya potret publik Emma Coronel adalah foto dari tahun 2007, ketika dia dinobatkan sebagai ratu kecantikan festival di Canelas, kota tempat dia dibesarkan. Dia mengenakan mahkota yang sangat besar dan tersenyum menghadap kamera.

Setelah pesta pernikahannya, dia menghilang dari hadapan publik sampai diberitakan kembali pada 2011 saat dia melahirkan putri kembarnya di Los Angeles County. Pada 22 Februari 2014, dia bersama suami dan putri kembar mereka di sebuah resor kepulauan Pasifik di Mazatlan saat El Chapo ditangkap Angkatan Laut Meksiko.

El Chapo dibawa ke penjara berkeamanan tinggi, Altiplano di luar Mexico City, saat kuasa hukumnya memperjuangkan ekstradisinya. Pada 11 Juli 2015, El Chapo kabur melalui sebuah terowongan yang telah digali dari kamar mandinya di dalam sel.

Pada Januari 2016, El Chapo kembali ditangkap Angkatan Laut Meksiko di Los Mochis, Sinaloa. Bulan berikutnya, Emma Coronel diwawancari pertama kali oleh Hernandez, berulang kali mengeluhkan kondisi penjara suaminya.

Kepada Hernandez, Emma mengatakan dia mengetahui suaminya kabur dari penjara Altiplano dari televisi.

3 dari 3 halaman

Sorotan di pengadilan

pengadilan

Emma Coronel dan gaya busananya menjadi sorotan dalam persidangan El Chapo. Para fotografer saling sikut demi mengabadaikan kedatangan dan kepulangannya dari pengadilan.

Pada satu waktu, dia memakai blazer beludru warna burgundy yang sepadan dengan pakaian yang dipakai El Chapo hari itu. Dia memasuki ruang sidang dengan penuh percaya diri.

Dia memainkan rambutnya saat menunggu sidang dimulai dan ngobrol dengan para wartawan yang duduk di belakangnya. Dia membawa biskuit dan kue kering di dalam tasnya, kadang-kadang menawarkan kue itu kepada para wartawan.

Setiap memasuki ruang sidang, El Chapo selalu tersenyum dan melambaikan tangan kepada istrinya.

Setelah El Chapo divonis, Emma mengunggah sebuah pertanyaan berisi ucapan terima kasih kepada pengacara suaminya, dan ibunya serta kakaknya karena telah merawat anak kembar mereka saat dia menghadiri sidang suaminya.

Dia mengatakan persidangan itu masa sulit. Namanya muncul dalam kesaksian: Damaso Lapez, yang bersaksi dia bertemu beberapa kali dengan Emma Coronel dan putra El Chapo untuk merencanakan pelarian bos narkoba dari penjara Altiplano. Dan dia mengatakan Emma Coronel telah menyampaikan pesan dari suaminya.

Coronel tidak menyesal.

“Yang hanya bisa saya katakan tentang itu adalah bahwa saya tidak perlu malu,” tulisnya.

“Saya tidak sempurna tapi saya menganggap diri saya manusia yang baik dan saya tidak pernah menyakiti siapa pun dengan sengaja.”

Setengah juta pengikut di Instagram

Walaupun Emma Coronel hanya mengunggah lima foto di Instagram-nya (@therealemmacoronel), dia memiliki lebih dari 563.000 pengikut.

Untuk foto terakhirnya, yang diunggah pada Desember lalu, dia berpose memakai gaun pernikahan, salah satu koleksi fesyennya. Dan untuk foto yang dia unggah pada ulang tahunnya di bulan Juli, dia memakai jaket kulit hitam dan bibirnya dipulas lipstik warna merah, dan rambutnya dihiasi sebuah tiara.

“Selamat ulang tahun untukku,” tulisnya. [pan]

Baca juga:
Sosok Cantik Istri El Chapo yang Jadi Ratu Narkoba
AS Batalkan Dakwaan Terhadap Eks Menhan Meksiko Terkait Kartel Narkoba
Mantan Menhan Meksiko Ditahan di AS karena Terlibat Kartel Narkoba
AS Dakwa Presiden Venezuela Atas Terorisme Narkoba, Tawarkan Imbalan USD 15 Juta
Potret Anak-Anak Meksiko Berlatih Menembak untuk Hadapi Geng Narkoba
Kisah Keluarga Pablo Escobar Banting Setir dari Bisnis Narkoba ke Smartphone
Inilah 6 Bos Mafia Paling Kejam dan Haus Darah di Luar Amerika Serikat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini