Diduga ikuti instruksi kapten, korban kapal feri malah nahas

Kamis, 17 April 2014 01:37 Reporter : Ardini Maharani
Diduga ikuti instruksi kapten, korban kapal feri malah nahas Kapal feri Korea Selatan tenggelam. ©AFP PHOTO/South Korea Coast Guard

Merdeka.com - Korban tewas dan hilang sebab kapal feri tenggelam di perairan dingin Korea Selatan ternyata mengikuti instruksi kapten. Ini baru dugaan awal lantaran kapten kapal itu menyuruh penumpang tetap berada di tempat saat transportasi itu ada masalah.

Situs usatoday.com melaporkan, Rabu (16/4), para korban selamat mengatakan saat terdengar benturan keras ada peringatan dari kapten menyerukan agar para penumpang tetap berada di tempat dan tidak panik. "Ini mungkin yang menyebabkan mereka tidak sempat menyelamatkan diri," ujar seorang saksi mata enggan menyebutkan namanya.   

Kapal bernama Sewol itu merupakan kapal membawa penumpang ke Pulau Wisata Jeju. Kapal itu dibangun pada 1994 dan melakukan perjalanan dua kali dalam sepekan. Namun kemarin pukul 09.00 waktu setempat kapal itu tenggelam bersama 476 penumpang. Hingga kini dilaporkan empat tewas, 55 luka, dan sisanya belum ada kabar, seperti dilansir kantor berita Yonhap.

Keluarga penumpang Sewol menunggu dengan cemas di Pulau Jindo Port, wilayah paling dekat dengan tempat tenggelamnya kapal. Pulau ini juga buat tempat sementara evakuasi para korban.

Penumpang selamat menduga korban di sisi kiri kapal mengikuti instruksi kapten untuk tetap di tempat namun ternyata kapal miring ke kiri, sementara penumpang di sebelah kanan mempunyai kesempatan untuk nyebur ke laut meski dengan risiko kedinginan.

Hingga kini belum ada lansiran korban bertambah. Pemerintah Ibu Kota Seoul masih mencari semua penumpang. [din]

Baca juga:
Kapal feri tenggelam di Korea Selatan bukan pertama kali

Korea Selatan lansir nama korban tewas kapal feri tenggelam

Korea Selatan belum tahu penyebab kapal feri tenggelam

Korban kapal feri tenggelam di Korea Selatan bertambah

Suasana dramatis penyelamatan korban kapal tenggelam di Korsel

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Korea Selatan
  3. Kapal Tenggelam
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini