Di Korsel, Madrid & Filipina Suara Jokowi-Ma'ruf Mendominasi

Kamis, 18 April 2019 08:32 Reporter : Henny Rachma Sari
Di Korsel, Madrid & Filipina Suara Jokowi-Ma'ruf Mendominasi Jokowi dan Prabowo naik kuda. ©REUTERS/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Merdeka.com - Pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf unggul 67,6 persen yakni sebesar 4.791 suara dari pesaingnya Prabowo-Sandi yang memperoleh 2.294 suara. Total ada 7.085 suara sah dalam Pemilu 2019 RI di Korea Selatan.

Menanggapi cukup lancarnya pemilihan umum di wilayah kerjanya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, mengaku berterimakasih terhadap semua pihak yang telah membantu.

"Saya berterimakasih kepada semua pihak yang membantu penyelenggaraan pemilihan umum kali ini," kata Umar, Kamis (18/4).

Proses perhitungan suara di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul terpantau cukup lancar meski sempat terjadi perdebatan antara beberapa saksi dengan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) karena perbedaan perhitungan surat suara.

Prabowo Ditinggalkan Jokowi di Madrid

Pasangan 02 Prabowo-Sandi memperoleh 109 suara atau sekitar 15,64 persen di penghitungan suara di KBRI Madrid. Sementara, pesaingnya pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf meraih 588 suara atau sekitar 84,36 persen. Total ada 697 suara sah.

Tidak hanya itu, saat panitia membacakan suara sah, ada beberapa warga yang turut melihat dan memastikan coblosan pada surat suara tersebut benar seperti disampaikan panitia Pemilu, demikian Korfung Pensosbud KBRI Madrid , Erry Deviandy kepada Antara London. Kamis.

Sementara itu, perolehan suara untuk DPR RI, posisi tiga teratas didominasi oleh PDIP dengan 238 suara (37,7 persen), PSI dengan 156 suara (24,7persen) dan Gerindra dengan 52 suara (8,2 persen).

Di Filipina, Jokowi-Ma'ruf Raih 1.163 Suara

Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo- Ma'ruf Amin mendominasi perolehan suara pemilu di Filipina berdasarkan hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Manila, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Filipina di Manila yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan total perolehan suara sebanyak 1.163 suara, sementara pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno memperoleh 91 suara. Selain itu, terdapat 5 surat suara yang tidak sah.

Proses penghitungan suara di dua tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) Manila dimulai pada Rabu, 17 April 2019 pukul 14.00 waktu setempat bertempat di KBRI Manila dan disaksikan oleh masyarakat Indonesia di Manila dan sekitarnya serta staf KBRI.

Hadir pula saksi dari Partai Golkar bernama Kashim Nema yang membawa surat mandat dari DPP partai Golkar.

Perhitungan surat suara di dua TPSLN tersebut selesai pada pukul 23.55 (waktu setempat).

Sementara itu, untuk pemilu legislatif, lima partai politik yang meraih suara terbanyak di Filipina adalah PSI dengan 455 suara, PDI Perjuangan 319 suara, partai Golkar 131 suara, PKS 47 suara, dan Nasdem 41 suara.

Sebelumnya, para warga negara Indonesia (WNI) di Filipina mengikuti pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di TPSLN di KBRI Manila pada Minggu, 14 April. Kegiatan pemungutan suara tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini