Di Kongres Partai Kim Jong-un Akui Kegagalannya Perbaiki Ekonomi Korea Utara

Rabu, 6 Januari 2021 15:59 Reporter : Hari Ariyanti
Di Kongres Partai Kim Jong-un Akui Kegagalannya Perbaiki Ekonomi Korea Utara Kim Jong-un gelar rapat darurat seusai warganya positif Covid-19. ©KCNA via REUTERS

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un kemarin mengaku upayayanya memperbaiki perekonomian negaranya yang hancur telah gagal. Pengakuan ini disampaikan Kim saat membuka Kongres Partai Buruh kedelapan, di tengah memburuknya kondisi perekonomian akibat sanksi internasional dan pandemi virus corona.

Kongres Partai Buruh yang berkuasa merupakan agenda politik terbesar di negara komunis tersebut.

"Rencana pembangunan ekonomi lima tahunan kita telah gagal mencapai tujuannya di hampir semua sektor," jelas Kim di Pyongyang, dikutip dari The New York Times, Rabu (6/1).

Kim mengatakan, negaranya berjuang dengan serangkaian krisis terburuk yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Teks pidatonya diterbitkan kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA pada Rabu pagi.

Kongres ini dijadwalkan berlangsung selama beberapa hari untuk menetapkan rencana ekonomi lima tahunan dan penyusunan ulang kepengurusan partai, yang mana ulasan kebijakan Kim yang lebih rinci akan diumumkan kemudian pada pekan ini.

Ketika Korea Utara menyelenggarakan kongres terakhir partai pada 2016, itu menjadi agenda perkumpulan pertama dalam 36 tahun dan agenda besar Kim sebagai pemimpin. Saat itu, Kim berjanji membangun negara sosialis besar pada 2020 yang memiliki senjata nuklir dan ekonomi yang berkembang.

Tapi segalanya tak berjalan sesuai yang diharapkan Kim.

Baca Selanjutnya: Sejak berkuasa menyusul kematian ayahnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini