Dewan Eropa sebut Trump bukan pemimpin bermoral

Kamis, 21 Juni 2018 11:25 Reporter : Ira Astiana
Dewan Eropa sebut Trump bukan pemimpin bermoral Presiden AS Donald Trump. MANDEL NGAN/AFP

Merdeka.com - Sebuah lembaga pengawas hak asasi manusia, Dewan Eropa, menyebut Presiden Amerika Serikat Donald Trump bukan pemimpin bermoral bagi negaranya maupun dunia. Sebutan itu dilayangkan karena kebijakan Trump yang membuat anak-anak imigran berpisah dengan orangtua mereka. Hal itu sontak memicu kemarahan publik.

"Apa yang terjadi di perbatasan AS-Meksiko, di mana dia memisahkan anak-anak dari orangtua mereka adalah tanda bahwa dia bukan lagi pemimpin bermoral bagi negaranya atau dunia," kata Sekretaris Jenderal Dewan Eropa, Thorbjorn Jagland, dilansir dari AFP, Kamis (21/6).

"Semua yang dilakukannya tidak menunjukkan sifat dimiliki oleh presiden AS. Dia tidak bisa berbicara atas nama negara bebas," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Dewan Eropa adalah organisasi hak azasi internasional yang berbasis di Strasbourg dengan 47 negara anggota. Jagland sendiri merupakan satu dari lima anggota Komita Nobel Norwegia yang tiap tahunnya memberikan Hadiah Nobel Perdamaian.

Selain itu, Jagland juga mengatakan bahwa penarikan diri AS dari Dewan HAM PBB merupakan keputusan tak terduga.

"Ini hanya salah satu contoh yang menunjukkan bahwa AS tidak ingin menjadi bagian dari perjanjian internasional atau organisasi berbasis kerjasama internasional," tegasnya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini