Demokrat Pimpin Senat AS Setelah Kamala Harris Lantik Tiga Senator

Kamis, 21 Januari 2021 16:45 Reporter : Hari Ariyanti
Demokrat Pimpin Senat AS Setelah Kamala Harris Lantik Tiga Senator Kamala Harris. ©2020 REUTERS/Carlos Barria

Merdeka.com - Wakil Presiden AS Kamala Harris secara resmi melantik tiga senator baru dari Partai Demokrat pada Rabu sore setelah pelantikannya sendiri. Hal ini secara resmi memberi Demokrat kendali atas Senat untuk pertama kalinya sejak mereka kehilangan suara dalam pemilihan 2014.

Awal bulan ini, Georgia memilih dua Demokrat - Pendeta Raphael Warnock dan Jon Ossoff - menduduki Senat AS. Warnock, pendeta senior Gereja Baptis Ebenezer di Atlanta, dan Ossoff bergabung pada Rabu sebagai pengganti Kamala Harris, Alex Padilla, mantan sekretaris negara bagian California yang ditunjuk untuk Senat oleh Gubernur Demokrat Gavin Newsom.

Dikutip dari CNN, Kamis (21/1), pengambilan sumpah jabatan ketiga senator baru itu merupakan terobosan baru. Warnock dan Ossoff masing-masing adalah senator kulit hitam dan Yahudi pertama yang mewakili Georgia, sedangkan Padilla adalah senator Latin pertama California.

Ossoff (33) juga senator termuda di majelis tersebut, dan anggota termuda dari Partai Demokrat yang bertugas di Senat sejak Presiden Joe Biden, yang dilantik pada usia 30 tahun pada tahun 1973.

Dengan dilantiknya Warnock, Ossoff dan Padilla, rincian partai di Senat adalah 50-50. Senator Demokrat Chuck Schumer menjadi warga New York pertama dan anggota parlemen Yahudi pertama yang menjadi pemimpin mayoritas Senat.

Kamala Harris akan memegang jabatan sebagai presiden Senat, membantu pemerintahan Biden memperkuat penunjukannya dan memberi Demokrat palu komite yang bertanggung jawab untuk mengadakan pengawasan dan penyusunan undang-undang. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini