Datang ke Indonesia, Presiden Mesir langsung bertemu Presiden Jokowi

Jumat, 4 September 2015 15:00 Reporter : Muhammad Radityo
Datang ke Indonesia, Presiden Mesir langsung bertemu Presiden Jokowi Jenderal El Sisi. ©REUTERS/Stringer

Merdeka.com - Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi mengunjungi Indonesia dan dikabarkan akan langsung bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Pertemuan tersebut akan berlangsung pada pukul 3 sore ini, Jumat (4/9).

Diinformasikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir dalam jumpa persnya, Presiden El-Sisi akan membahas beberapa isu seperti perdagangan dan investasi.

"Diketahui Mesir adalah partner (rekan) terbesar Indonesia di Afrika Utara dengan nilai investasi mencapai USD 1,4 miliar (setara Rp 19,8 T), tidak hanya itu Indonesia juga diketahui memiliki nilai investasi yang tidak sedikit di Mesir, sekitar USD 260 juta (setara Rp 3,6 T) dalam komoditas seperti mie instan, produk tekstil, dan ban," kata Jubir Kemlu di kantornya, Jakarta, Jumat (4/9).

Kendati demikian, Indonesia meminta Mesir agar tetap perkuat perlindungan dan memberi lebih banyak kemudahan terkait hal tersebut.

Pria yang kerap disapa Tata ini juga menuturkan, selain hal perdagangan dan investasi, nantinya Presiden Mesir juga akan membahas kemajuan perdamaian Islam dan juga sorotan khusus terkait warga negara Indonesia (WNI) yang jumlahnya tidak seidkit di Negeri Sphinx itu.

"Nantinya Indonesia dan Mesir juga akan membahas kemajauan perdamaian Islam, dan juga perlingundan terhadap WNI, karena tercatat sebanyak 4800 WNI dengan 3000 diantaranaya adalah mahasiswa," tuturnya.

Lebih jauh, dalam kunjungan Presiden Mesir kali ini disebutkan ada dua perjanjian memorandum of understanding (MOU).

"Menurut rencana ada dua buah perjanjian MOU, yang pertama adalah bebas visa dan seputar pelatihan diplomatik," imbuhnya.

Diketahui dalam kunjungan Presiden El-Sisi ke Indonesia juga akan bertemu dengan Sekjen ASEAN, sebelum kembali meninggalkan Indonesia besok siang. [ard]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini