Dari Payung Sampai Laser, Senjata Demonstran Hong Kong Hadapi Aparat Keamanan

Kamis, 8 Agustus 2019 07:33 Reporter : Pandasurya Wijaya
Dari Payung Sampai Laser, Senjata Demonstran Hong Kong Hadapi Aparat Keamanan Unjuk Rasa di Hong Kong Rusuh. ©REUTERS / Tyrone Siu

Merdeka.com - Unjuk rasa di Hong Kong yang berlangsung sejak Juni lalu tak menunjukkan tanda-tanda akan reda. Bahkan sebaliknya, demonstrasi itu kini memicu kekerasan dan para pengunjuk rasa juga semakin mengembangkan taktik dan strategi melawan aparat keamanan.

Penangkapan seorang mahasiswa dua hari lalu karena alasan memiliki pena laser memicu kemarahan demonstran. Polisi Hong Kong menyebut laser itu adalah senjata yang sifatnya 'menyerang'. Dalam jumpa pers kemarin polisi menunjukkan bagaimana sinar laser bisa membakar kertas.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (7/8), berikut sedikit uraian tentang bagaimana para demonstran Hong Kong menggunakan peralatan untuk melawan aparat keamanan.

1 dari 2 halaman

Tameng dan Pelindung

pelindung rev1

Ketika unjuk rasa dimulai para demonstran membawa payung-payung besar ke jalan, terutama untuk pelindung dari panas matahari. Tapi belakangan payung-payung itu menjadi perlengkapan untuk melindungi wajah demonstran dari identifikasi aparat atau menangkis tembakan gas air mata.

Para pengunjuk rasa juga kini memakai perlengkapan yang hampir sama dengan yang dipakai polisi, termasuk masker dan helm.

2 dari 2 halaman

Laser

Pena laser yang belakangan digunakan para demonstran Hong Kong kini sudah tersedia di toko-toko. Laser itu dipakai untuk membuat mata polisi buta sekejap.

Polisi mengatakan tiga rekan mereka harus dirawat karena terkena sapuan sinar laser dalam unjuk rasa.

Tak hanya itu, demonstran juga mencermati kamera-kamera pengawas dan menyorotkan laser ke alat pemantau itu supaya wajah mereka tidak mudah teridentifikasi.

Polisi mengatakan mereka sudah melepaskan sekitar 800 tembakan gas air mata pada demo Senin lalu. Hampir sama banyaknya dengan jumlah yang sudah mereka tembakkan dalam dua bulan terakhir.

Namun demonstran Hong Kong bukannya mundur karena tembakan itu, mereka justru merangsek maju dengan senjata payung dan papan kayu sebagai tameng kemudian meraih tabung gas air mata itu untuk dinetralkan dengan air.

[pan]

Baca juga:
Para Pengacara Hong Kong Ikut Demo Dukung Massa Pro-Demokrasi
Demo Hong Kong Belum Reda, Tiga Negara Keluarkan Peringatan Perjalanan
Serukan Tuntutan, Aksi Unjuk Rasa di Hong Kong Kembali Ricuh
Demonstran Hong Kong Halangi Pintu Kereta, Transportasi Kacau Balau
Ribuan PNS Hong Kong Ikut Tolak RUU Ekstradisi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Protes Hong Kong
  3. Hong Kong
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini