Daftar Negara-Negara Paling Berbahaya di Dunia 2021

Kamis, 3 Desember 2020 15:04 Reporter : Hari Ariyanti
Daftar Negara-Negara Paling Berbahaya di Dunia 2021 Bom bunuh diri Afghanistan. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Sebuah peta baru mengungkapkan negara-negara dengan risiko keamanan paling tinggi 2021. Libya, Suriah, dan Afghanistan berada di antara daftar negara paling berbahaya di dunia, menurut International SOS, lembaga spesialis bidang kedokteran dan keamanan global, yang menetapkan lima kategori risiko berdasarkan ancaman yang ditimbulkan oleh kekerasan politik (termasuk terorisme, pemberontakan, kerusuhan bermotif politik dan perang), kerusuhan sosial (termasuk kekerasan sektarian, komunal dan etnis) dan kekerasan dan kejahatan kecil.

Infrastruktur transportasi, keadaan hubungan industrial, efektivitas layanan keamanan dan darurat, dan kerentanan negara terhadap bencana alam juga diperhitungkan saat menilai masing-masing negara.

Dikutip dari The Independent, Kamis (3/12), tingkat risiko terendah yang ditandai sebagai "Tidak Signifikan", hanya diberikan kepada tujuh negara, semuanya di Eropa: Islandia, Denmark (dan wilayah otonom Greenland), Norwegia, Finlandia, Swiss, Slovenia, dan Luksemburg.

Inggris dinilai sebagai risiko "Rendah", termasuk AS, Kanada, dan Australia.

Negara-negara yang telah diberi peringatan risiko tertinggi ditandai dengan "Ekstrem", sebagian besar berada di benua Afrika atau wilayah Timur Tengah.
Ada total 14 negara dengan kategori "Ekstrem": Afghanistan, Yaman, Suriah, Libya, Mali, Somalia, Sudan Selatan dan Republik Afrika Tengah, bersama dengan sebagian Nigeria, Republik Demokratik Kongo, Ukraina, Pakistan, Irak, dan Mesir.

Baca Selanjutnya: Menurut International SOS definisi negara...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Survei
  3. Afghanistan
  4. Suriah
  5. Libya
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini