Curah Hujan Catat Rekor, Banjir Tewaskan Delapan Orang di Seoul Korea Selatan

Selasa, 9 Agustus 2022 15:11 Reporter : Merdeka
Curah Hujan Catat Rekor, Banjir Tewaskan Delapan Orang di Seoul Korea Selatan Banjir bandang di Seoul. ©Jung Yeon-je/AFP

Merdeka.com - Hujan deras yang menyebabkan banjir besar di Ibu kota Seoul, Korea Selatan, kemarin menewaskan sedikitnya delapan orang. Air yang terus berdatangan membuat jalan-jalan kota penuh air dan bahkan membanjiri stasiun kereta bawah tanah.

Dikutip dari The Washington Post, Selasa (9/8), foto dan video di media sosial memperlihatkan mobil setengah terendam dan orang-orang yang berjalan melalui air setinggi pinggang.

Satu foto yang membuat masyarakat banyak khawatir adalah foto seorang pria berjas yang duduk di atas kap mobil yang terendam di Gangnam, kawasan kelas atas Seoul.

Pejabat pemerintah mengatakan delapan kematian yang dilaporkan termasuk seorang anak berusia 13 tahun yang terjebak di ruang bawah tanah sebuah gedung di Seoul dengan dua orang dewasa. Enam orang lainnya hilang.

Rekor curah hujan - yang belum berakhir hingga Selasa pagi waktu setempat - adalah yang terburuk di beberapa bagian Seoul sejak 1904, tahun di mana pejabat setempat mulai mendokumentasikan curah hujan.

2 dari 2 halaman

Hujan sebanyak sekitar 381,5 milimeter melanda barat daya Seoul pada hari Senin, menurut Administrasi Meteorologi Korea. Hari curah hujan tertinggi berikutnya adalah 2 Agustus 1920, ketika sekitar 354,7 milimeter mangairi ibu kota.

"Tidak ada yang lebih berharga dari kehidupan dan keselamatan. Pemerintah akan menangani situasi hujan lebat secara menyeluruh dengan markas besar keamanan bencana pusat,” tulis Presiden Yoon Suk-yeol dalam sebuah unggahan di Facebook Senin malam waktu setempat.

Dia menambahkan, pemerintah sedang berupaya mengevakuasi warga dari daerah berisiko tinggi, serta menerapkan tindakan darurat bagi mereka yang tidak dapat kembali ke rumah karena banjir.

Pemadaman listrik juga terjadi di beberapa bagian kota, para penduduk yang tinggal di daerah yang lebih rendah telah diminta untuk mengevakuasi diri, kata Kantor Berita Yonhap.

Badan Meteorologi Korea mengeluarkan peringatan hujan hingga Senin malam di berbagai wilayah tengah, memperingatkan beberapa daerah akan mengalami hujan dengan laju 50 hingga 100 milimeter (1,9 hingga 3,9 inci) per jam. Peringatan panas di seluruh provinsi timur Korea Selatan, turut dikirimkan hari tersebut.

Yonhap melaporkan, meskipun belum resmi, data curah hujan yang melebihi 136,5 milimeter (5,37 inci) per jam di satu wilayah Seoul mungkin memecahkan rekor untuk ibu kota selama ini.

Peristiwa curah hujan yang intens di seluruh dunia ini meningkat karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. Atmosfer yang lebih hangat mampu menahan lebih banyak kelembapan dan menghasilkan curah hujan yang lebih deras.


Reporter Magang: Gracia Irene [pan]

Baca juga:
Kondisi Mobil-Mobil Tersapu Banjir Bandang di Seoul
Korea Selatan Luncurkan Misi Pertama ke Bulan
Ini Daftar 10 Besar Paspor Paling Kuat di Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini