Cucu Mao Zedong jadi orang terkaya se-China

Jumat, 10 Mei 2013 18:44 Reporter : Ardini Maharani
Kong Dongmei. dailymail.co.uk ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Cucu perempuan mantan pemimpin komunis China Mao Zedong yakni Kong Dongmei menjadi orang paling kaya di Negeri Tirai Bambu itu. Total kekayaannya mencapai Rp 7,8 triliun.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Jumat (10/5), Dongmei merupakan anak dari Li Min, putra Mao yang hidup dengan istri ketiganya Dia ZiZhen. Nama besar pemimpin China itu dipercaya ikut mendongkrak popularitasnya menjadi orang terkaya.

Dongmei menikahi bos perusahaan asurasi terbesar di China Dongsheng pada 2011 setelah mereka berselingkuh selama 15 tahun, seperti dilansir majalah ekonomi terbitan negara itu New Fortune. Selain itu keduanya dikabarkan mempunyai tiga anak. Ini melanggar kebijakan China menetapkan satu anak satu keluarga.

Banyak pihak memperdebatkan masuknya Dongmei dalam jajaran taipan. Situs jejaring sosial milik China Weibo menuding perempuan itu berkhianat atas gelar kakeknya yang dikenal guru besar revolusi kaum miskin.

"Ini dia keturunan dari Mao yang telah mengajarkan kita untuk memberantas kepemilikian pribadi, malah menikah dengan kapitalis, dan melanggar kebijakan keluarga berencana dengan melahirkan tiga anak ilegal," ujar Luo Chongmin, penasehat pemerintah China sengit. [din]

Topik berita Terkait:
  1. China
  2. Orang Terkaya
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini