China Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Perundingan Damai Palestina-Israel

Senin, 17 Mei 2021 16:00 Reporter : Hari Ariyanti
China Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Perundingan Damai Palestina-Israel bendera china. ©NDTV

Merdeka.com - China mengatakan pihaknya ingin menjadi tuan rumah perundingan damai antara Palestina dan Israel, ketika PBB memperingatkan letusan kekerasan di wilayah tersebut bisa memicu krisis yang tidak tertahankan.

Selama pertemuan virtual 15 anggota Dewan Keamanan PBB pada Minggu, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi kembali menyerukan gencata senjata segera antara kedua belah pihak dan meminta Israel mencabut blokade dan kepungannya di Gaza segera mungkin.

Dia juga mendesak AS berhenti “menghalangi” Dewan Keamanan PBB mengambil tindakan dalam konflik tersebut, dan mendukung upaya dewan untuk menurunkan ketegangan dan menemukan resolusi politik. China bertindak selaku ketua bergilir Dewan Keamanan PBB sejak awal Mei.

“Kita akan terus meningkatkan upaya kita untuk mendesak perdamaian dan mendorong perundingan, dan memenuhi tanggung jawab kami sebagai ketua Dewan Keamanan,” jelas Wang, dikutip dari South China Morning Post, Senin (17/5).

“Kami menegaskan kembali ajakan kami kepada pembawa damai dari Palestina dan Israel untuk datang ke China untuk membuka dialog, dan kami menyambut negosiator dari kedua belah pihak untuk terlibat perundingan langsung di China,” lanjutnya.

Wang mengatakan perundingan harus membahas kembali solusi dua negara yang akan mencakup pendirian negara Palestina merdeka, berdasarkan perbatasan 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, yang akan berdampingan dengan negara Israel.

China berperan lebih aktif dalam meredakan ketegangan antara kedua belah pihak, termasuk meminta pembahasan terbuka pertemuan PBB pada Minggu, bersama Norwegia dan Tunisia setelah tiga ketiganya mendorong pertemuan Dewan Keamanan PBB dua putaran sebelumnya digelar tertutup.

Baca Selanjutnya: Di tengah persaingan mendapatkan pengaruh...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini