China Laporkan Kasus Tertinggi Covid-19 Setelah Lebih dari Sebulan

Minggu, 24 Oktober 2021 09:51 Reporter : Merdeka
China Laporkan Kasus Tertinggi Covid-19 Setelah Lebih dari Sebulan Wabah virus mirip SARS hantui China. ©NICOLAS ASFOURI/AFP

Merdeka.com - China dua hari lalu mencatat 38 kasus Covid-19 yang ditularkan secara domestik berpusat di Pedalaman Mongolia dan Gansu. Angka itu merupakan jumlah tertinggi yang terjadi sejak 20 September.

Pihak berwenang kini meningkatkan kewaspadaan dan mendesak wisatawan Hari Nasional yang mengunjungi daerah yang terkena dampak untuk dites Covid-19.

Infeksi terbaru, termasuk satu kasus tanpa gejala, sebagian besar terkonsentrasi di utara dan barat laut China.

Ini adalah jumlah kasus baru tertinggi sejak 20 September, saat 42 transmisi domestik baru tercatat di Fujian, sebelah tenggara China.

Dilansir dari laman South China Morning Post, Minggu (24/10), Komisi Kesehatan Nasional (NHC) juga mengumumkan 12 kasus impor baru pada Jumat, sehingga total infeksi Covid-19 di China daratan menjadi 50, tidak ada kematian.

Kasus baru lainnya dilaporkan di Beijing, Ningxia dan Yunnan.

Hari sebelumnya Pedalaman Mongolia dan Gansu masing-masing melaporkan 11 dan sembilan kasus baru.

Orang yang tinggal di kota dan provinsi yang ditetapkan sebagai berisiko tinggi oleh NHC sekarang harus mengikuti tes Covid-19 wajib.

Ada 17 kasus lokal baru di Gansu, lebih dari 40 persen dari total infeksi, dengan 13 dikonfirmasi di Lanzhou, ibu kota provinsi. Sebelas kasus baru lainnya ditemukan di dua prefektur yang berbatasan – Liga Alxa dan Liga Xilingol – di Pedalaman Mongolia.

Pihak berwenang di Gansu dan Pedalaman Mongolia telah mengeluarkan peringatan perjalanan, meminta semua wisatawan yang mengunjungi daerah yang paling parah terinfeksi selama liburan Hari Nasional pada awal bulan untuk melapor ke unit kesehatan setempat dan dites.

Peringatan sekarang berlaku di kota-kota dan distrik di seluruh negeri - termasuk bagian dari Pedalaman Mongolia, Gansu, Beijing, Guizhou dan Ningxia - dengan pembatasan perjalanan yang diberlakukan dan acara olahraga serta budaya ditangguhkan tergantung pada tingkat keparahan peringatan.

Dalam tur inspeksi Liga Alxa pada hari Jumat, Kepala Pedalaman Mongolia Wang Lixia, mendesak pejabat setempat untuk meningkatkan tes Covid dan memastikan pasokan medis lancar.

Pejabat dari komisi kesehatan Provinsi Gansu pada Jumat mengatakan, mereka telah memberlakukan karantina wilayah dan pemeriksaan komprehensif di lima kota yang paling parah terkena dampak. Semua sekolah menengah dan universitas juga ditangguhkan.

Reporter magang: Ramel Maulynda Rachma [pan]

Baca juga:
Badan Kesehatan Inggris: Subvarian Delta Kemungkinan Lebih Menular
Rusia Catat Rekor, Tembus 1.075 Kematian Sehari karena Covid-19
Kasus Covid-19 di Singapura Meledak, Epidemiolog Khawatirkan Ada Varian Baru
WHO: Covid Bunuh Antara 80.000 dan 180.000 Tenaga Kesehatan di Dunia
India Rayakan Capaian Satu Miliar Dosis Vaksin dengan Lagu, Film, dan Joget
Rusia Laporkan Kasus Varian Covid-19 yang Lebih Menular dari Delta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini