China Bersiap Hadapi Penyebaran Covid-19 Hingga ke Daerah

Senin, 25 Oktober 2021 18:20 Reporter : Merdeka
China Bersiap Hadapi Penyebaran Covid-19 Hingga ke Daerah Wabah virus mirip SARS hantui China. ©NICOLAS ASFOURI/AFP

Merdeka.com - Pejabat Kesehatan China kemarin mengatakan, wabah Covid-19 terbaru di negara itu mungkin akan menyebar lebih jauh. Pemerintah kini mendesak semua wilayah untuk meningkatkan pemantauan dan menyerukan pengurangan perjalanan lintas provinsi.

China bisa dikatakan sudah mampu mengendalikan pandemi secara keseluruhan namun masih berupaya menahan wabah di daerah, terutama menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022 pada Februari.

Dalam sepekan terakhir, ada 100 kasus penularan lokal di 11 wilayah provinsi, sebagian besar terkait dengan 13 grup wisata yang berbeda.

Ada peningkatan risiko wabah mungkin menyebar lebih jauh akibat "faktor musim", kata juru bicara Komisi Kesehatan Nasional (NHC) Mi Feng kepada wartawan kemarin.

Varian Delta yang menyebabkan wabah juga sangat mudah menular, kata wakil direktur komisi Wu Liangyou. Dari hasil pengurutan genom, varian ini ternyata berbeda dari sumber wabah sebelumnya, dan menunjukkan kasus baru berasal dari sumber baru dari luar negeri.

Pihak berwenang telah melarang agen perjalanan mengatur tur lintas provinsi yang melibatkan daerah yang dianggap berisiko tinggi terkena virus, dan telah memberlakukan penangguhan nasional pada beberapa layanan perjalanan yang menghubungkan beberapa tempat wisata.

Ibu kota Beijing mengatakan akan memberlakukan pembatasan ketat pada perjalanan ke kota oleh orang-orang yang pernah ke kabupaten dengan setidaknya satu kasus penularan.

NHC juga kemarin mengatakan sekitar 75,6 persen populasi telah menerima dosis vaksin lengkap pada 23 Oktober, atau sekitar 1,068 miliar orang.

Reporter magang: Ramel Maulynda Rachma [pan]

Baca juga:
Lebih dari 1 Miliar Warga China Sudah Divaksin Covid-19
Korea Selatan Capai Target 70 Persen Vaksinasi Covid-19
China Laporkan Kasus Tertinggi Covid-19 Setelah Lebih dari Sebulan
Badan Kesehatan Inggris: Subvarian Delta Kemungkinan Lebih Menular
Rusia Catat Rekor, Tembus 1.075 Kematian Sehari karena Covid-19
Kasus Covid-19 di Singapura Meledak, Epidemiolog Khawatirkan Ada Varian Baru
India Rayakan Capaian Satu Miliar Dosis Vaksin dengan Lagu, Film, dan Joget
Rusia Laporkan Kasus Varian Covid-19 yang Lebih Menular dari Delta
Israel Laporkan Kasus Virus Corona Mutasi Varian Delta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini