China Berlakukan UU Keamanan, Inggris Tawarkan Kewarganegaraan bagi Warga Hong Kong

Kamis, 2 Juli 2020 12:02 Reporter : Hari Ariyanti
China Berlakukan UU Keamanan, Inggris Tawarkan Kewarganegaraan bagi Warga Hong Kong PM Inggris Boris Johnson. ©Reuters

Merdeka.com - Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson menyampaikan kepada jutaan warga Hong Kong bisa memiliki paspor Inggris, pasangan mereka dan anak-anak di bawah umur mereka akan diizinkan bermukim kembali di Inggris dan diberikan jalur menuju kewarganegaraan Inggris.

Perubahan bersejarah terhadap hak-hak warga Hong Kong yang lahir selama era kolonial diumumkan beberapa jam setelah China secara resmi memberlakukan UU keamanan nasional di Hong Kong.

"Diundangkan dan diberlakukannya undang-undang keamanan nasional ini merupakan pelanggaran yang jelas dan serius dari Deklarasi Bersama Inggris-China," jelas Johnson kepada Parlemen, dikutip dari South China Morning Post, Kamis (2/7).

Deklarasi Bersama China-Inggris, yang ditandatangani pada 1984 oleh PM Margaret Thatcher dan PM Zhao Ziyang, menjabarkan ketentuan-ketentuan penyerahan setelah satu setengah abad pemerintahan kolonial Inggris.

Deklarasi juga menjamin hak dan kebebasan Hong Kong di bawah formula "satu negara, dua sistem".

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab mengatakan kepada Parlemen, pemegang paspor British National Overseas atau BN (O) akan memiliki hak tinggal selama lima tahun setelah itu mereka dapat mengajukan permohonan status menetap - secara efektif memberi mereka tempat tinggal permanen. Setelah 12 bulan status menetap, mereka dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan.

"Tidak akan ada jumlah kuota," imbuh Raab.

"Ini adalah rangkaian pengaturan khusus yang dirancang untuk keadaan khusus yang kita hadapi dan mengingat komitmen bersejarah kita kepada rakyat Hong Kong," jelas Raab.

Yang terpenting, keduanya tidak mengulang referensi sebelumnya untuk "periode yang dapat diperpanjang 12 bulan" selama periode lima tahun.

Baca Selanjutnya: Segera Siapkan Aturan Rinci...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini