Cetak Sejarah, Argentina Legalkan Aborsi Meski Diprotes

Kamis, 31 Desember 2020 12:10 Reporter : Hari Ariyanti
Cetak Sejarah, Argentina Legalkan Aborsi Meski Diprotes argentina legalkan aborsi. ©AFP

Merdeka.com - Senat Argentina mengesahkan RUU legalisasi aborsi pada Rabu dalam sebuah pemilihan bersejarah yang dipandang sebagai kemenangan bagi para pendukung hak aborsi di negara mayoritas Katolik tersebut.

Pemilihan legalisasi aborsi di Senat mendapatkan suara 38 yang setuju dan 29 tak setuju, memberikan akses bagi jutaan perempuan untuk melakukan aborsi legal di bawah UU baru yang didukung Presiden Alberto Fernandez. Sebelumnya selisih suara diperkirakan jauh lebih kecil.

Ribuan massa para aktivis hak aborsi dan pendukung kampanye anti aborsi berkumpul di luar Istana Kongres Nasional Argentina menunggu hasil pembahasan RUU ini, yang diputuskan pada pagi hari setelah pembahasan yang berlangsung malam hari. Pendukung UU ini menyambut pengesahan ini dengan bersorak dan bahkan ada yang menangis bahagia.

Gabriela Giacomelli, yang dua saudara perempuannya pernah melakukan aborsi ilegal menyebut peristiwa ini sangat emosional.

"Kami telah berjuang selama bertahun-tahun," ujarnya, dikutip dari CNN, Kamis (31/12).

"Saya melihat anak-anak muda sekarang, meskipun saya harap mereka jangan pernah melakukan aborsi, tapi jika mereka melakukannya sekarang mereka bisa melakukannya dengan aman," lanjutnya.
"Hari ini, Argentina membuat langkah maju dalam membela hak perempuan, gadis remaja, dan orang-orang dengan kapasitas reproduksi," kata Direktur Eksekutif Amnesty International Argentina dan duta gerakan hak-hak perempuan She Decides, Mariela Belski.

UU ini mengatur legalisasi aborsi dalam semua kasus sampai14 minggu kehamilan. Sebelumnya aborsi diizinkan hanya untuk kehamilan akibat pemerkosaan atau membahayakan nyawa dan kesehatan perempuan.

Untuk keadaan lain, aborsi ilegal dan dihukum sampai 15 tahun penjara.

Baca Selanjutnya: Kondisi di Amerika Latin...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Argentina
  3. Aborsi
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini