CEO Moderna Nilai Pandemi Covid-19 Bisa Berakhir Tahun Depan

Jumat, 24 September 2021 13:24 Reporter : Hari Ariyanti
CEO Moderna Nilai Pandemi Covid-19 Bisa Berakhir Tahun Depan Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan Moderna. ©Reuters

Merdeka.com - Menurut CEO Moderna, Stephane Bancel, pandemi virus corona bisa berakhir dalam setahun ketika tingginya produksi vaksin bisa memenuhi pasokan global. Hal ini disampaikan kepada harian Swiss, Neue Zuercher Zeitung.

“Jika Anda melihat ekspansi kapasitas produksi di seluruh industri selama enam bulan terakhir, dosis yang cukup seharusnya tersedia sampai pertengahan tahun depan jadi setiap orang di bumi ini bisa divaksinasi. (Suntikan) penguat (booster) juga memungkinan jika diperlukan,” jelasnya, dikutip dari Reuters, Jumat (24/9).

Dia menambahkan, vaksinasi juga akan segera tersedia bahkan untuk bayi.

“Mereka yang tidak divaksinasi akan mengimunisasi diri mereka secara alamiah, karena varian Delta sangat menular. Dengan cara ini kita akan berakhir dalam situasi yang mirip dengan flu. Anda bisa mendapatkan vaksinasi dan menikmati musim dingin. Atau Anda tidak divaksinasi dan berisiko sakit dan bahkan mungkin berakhir di rumah sakit."

Ditanya apakah itu artinya kehidupan normal bisa terjadi pada paruh kedua tahun depan, Bancel menjawab: “Mulai hari ini, dalam satu tahun, saya memperkirakan.”

Bancel mengatakan, dia berharap pemerintah menyetujui suntikan penguat untuk orang yang telah divaksinasi karena pasien yang berisiko yang divaksinasi musim gugur tahun lalu “tidak diragukan” membutuhkannya.
Suntikan penguat Moderna setengah dosis dari dosis asli, yang berarti bakal lebih banyak dosis yang tersedia.

“Volume vaksin adalah faktor pembatas terbesar. Dengan setengah dosis, kita akan memiliki 3 miliar dosis tersedia di seluruh dunia pada tahun mendatang, bukan 2 miliar,” jelasnya.

Komposisi suntikan penguat masih sama seperti aslinya untuk tahun ini karena Moderna tidak memiliki cukup waktu untuk mengubahnya.

“Kami saat ini sedang menguji varian Delta yang dioptimalkan dalam uji klinis. Mereka akan menjadi dasar untuk vaksinasi penguat untuk tahun 2022. Kami juga mencoba Delta plus Beta, mutasi berikutnya yang diyakini para ilmuwan kemungkinan besar terjadi.”

Moderna dapat menggunakan lini produksi yang ada untuk varian baru seperti untuk vaksin Covid-19 asli. Bancel mengatakan, harga vaksin akan tetap sama. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini