Cegat pesawat AS, jet tempur China bermanuver ala Top Gun

Jumat, 19 Mei 2017 15:52 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Cegat pesawat AS, jet tempur China bermanuver ala Top Gun Su-30 milik China. ©istimewa

Merdeka.com - Anda tahu Top Gun? Film dibintangi Tom Cruise dan Kelly McGillis itu terkenal di akhir 1980-an hingga awal 1990-an. Ceritanya fiktif tentang dinamika seorang pilot jet tempur Amerika Serikat melaksanakan tugas.

Di dalam film itu disuguhkan banyak adegan pesawat tempur bermanuver. Salah satu yang terkenal adalah ketika pesawat F-14 dikemudikan oleh Pete 'Maverick' Mitchell, tokoh diperankan Tom Cruise, terbang terbalik di atas MiG milik Rusia.

Nampaknya, manuver itu menginspirasi dua pilot jet tempur China. Saat mereka mencegat sebuah pesawat penjejak radiasi Amerika Serikat, salah satunya nekat terbang terbalik, seperti dalam film Hollywood itu.

scene terbalik top gun

Seperti dilansir dari laman The Telegraph, Jumat (19/5), Juru Bicara Angkatan Udara AS, Letnan Kolonel Lori Hodge, mengatakan pesawat Boeing WC-135 dengan empat mesin jet itu sedang melakukan kegiatan rutin. Yakni merekam jejak partikel nuklir di udara usai uji coba di Laut Kuning. Letaknya ada dekat pantai timur China dan semenanjung Korea.

Dia menyatakan, kru pesawat sudah melaksanakan penerbangan sesuai aturan internasional dan tidak memasuki wilayah udara China. Markas pesawat itu berada di Pangkalan Angkatan Udara Offutt, Nebraska, Amerika Serikat. Menurut Lori, mereka memang biasa melakukan misi di timur laut Asia.

Kemudian, kata Lori mengutip laporan penerbangan, dua jet tempur China jenis An Su-30MKK menyergap dan menguntit sejauh 150 kaki di udara. Tak lama kemudian, keduanya bermanuver dalam jarak dekat dan cepat, bahkan salah satunya terbang terbalik di atas pesawat AS.

"Kami telah menanyakan hal itu kepada China. Jarak itu menunjukkan bagaimana kami bisa menilai sikap mereka (China) di udara," kata Lori.

Bukan kali ini saja AS bersinggungan dengan China di udara. Beberapa waktu lalu, AS memprotes China karena sebuah pesawat intai mereka melakukan manuver jarak dekat dan berbahaya dengan jet Angkatan Laut AS, P-3 Orion, di Laut China Selatan.

Sedangkan dua tahun lalu, jet China melakukan manuver berputar di dekat pesawat AS, diduga dengan maksud menunjukkan persenjataan mereka. Lantas pada 2001, jet tempur China bertabrakan dengan pesawat pengamatan AL Amerika Serikat di Pulau Hainan. Insiden itu mengakibatkan pilot jet tempur China tewas dan membikin pesawat AS mendarat darurat. [ary]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini