Bunuh hewan langka, aktor Bollywood Salman Khan divonis 5 tahun penjara

Jumat, 6 April 2018 11:54 Reporter : Ira Astiana
Bunuh hewan langka, aktor Bollywood Salman Khan divonis 5 tahun penjara Bintang Bollywood Salman Khan dikawal polisi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengadilan India menjatuhkan hukuman penjara selama lima tahun kepada bintang Bollywood Salman Khan atas dua kasus perburuan dan pembunuhan satwa langka. Salaman Khan terbukti bersalah karena membunuh antelop langka.

Dalam putusannya, Kepala Hakim Pengadilan di Negara Bagian Rajasthan, Dev Kumar khatri, menyebut aktor itu sebagai pelaku yang 'tidak kapok' menentang Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar India. Selain memvonis Khan lima tahun penjara, Khatri juga memerintahkan Salman Khan untuk membayar sejumlah denda.

Dilansir dari laman New York Times, Jumat (6/4), Salman Khan diperkirakan akan bermalam di penjara di Kota Jodhpur. Sementara itu, kuasa hukumnya menyatakan bahwa mereka akan mengajukan banding dan permohonan jaminan atas keputusan tersebut. Sementara itu, empat aktor India lain yang dituduh terlibat dengan pembunuhan antelop dibebaskan karena kurangnya bukti.

Kasus ini mengembalikan memori publik ke tahun 1998 silam. Saat itu, seorang jaksa menuding Salman Khan dan beberapa aktor lain berburu hewan liar di cagar hutan dekat Jodhpur saat syuting film 'Hum Saath Saath Hain'. Hal itu kemudian memicu unjuk rasa khususnya dari kalangan Bishnoi, yang menganggap antelop sebagai reinkarnasi dari seorang guru berusia 600 tahun.

Delapan tahun kemudian, dia dihukum karena membunuh dua antelop dan dijatuhi lima tahun penjara. Namun, Salman Khan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Rajasthan. Hukuman itu pun ditangguhkan setelah periode singkat di penjara.

Selain kasus itu, Salman Khan pun sempat beberapa kali terlibat dengan hukum. Dia pernah dituding membunuh tunawisma saat mengemudi dalam keadaan mabuk di Mumbai. Dia dibebaskan dari tuduhan tersebut. Kemudian, ia juga pernah dituding melakukan pelecehan kepada mantan kekasihnya, aktris Aishwarya Rai. [frh]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini