Bukan berupa uang, ini lima maskawin paling unik sejagat

Rabu, 11 Mei 2016 06:07 Reporter : Muhammad Radityo
Bukan berupa uang, ini lima maskawin paling unik sejagat kurma dan kopi Arab. ©Al arabiya

Merdeka.com - Betapa malang nasib para pria yang ingin menikah di Uni Emirat Arab. Mereka diharuskan membayar uang mahar cukup mahal di luar kemampuan.

Menurut harian lokal, The National, Presiden Uni Emirat Arab Zayed pernah menetapkan nilai maksimal maskawin untuk menikah yakni sebesar USD 5.400 atau Rp 72 juta dan Rp 107 juta harus disiapkan jika mereka akan bercerai. Angka yang tidak kecil bukan?

Saking selangitnya harga maskawin, muncul momen pembayaran maskawin dengan hanya bermodal kopi dan sebuah kurma. Tidak hanya itu, belum lama ini seorang warga negara Indonesia diketahui menikahi gadis asal Suriah dengan maskawin hafalan kitab suci Alquran.

Maskawin yang bernilai lebih tidak selalu berupa uang. Berikut lima maskawin paling unik sedunia yang dirangkum merdeka.com dari beragam sumber:

2 dari 6 halaman

Ayah di AS jual putrinya demi bayar mahar 100 kerat bir

as jual putrinya demi bayar maharLima cerita mas kawin bikin pusing. ©oddee.com

Pada 2009 seorang ayah di Negara Bagian California ditahan sebab merelakan putrinya baru 14 tahun menikah dengan tetangga mereka asalkan si tetangga memenuhi syarat mas kawin yakni uang Rp 194 juta, 100 kerat bir, dan belasan kotak daging.

Kejadian ini terungkap setelah pelaku bernama Marcelino de Jesus Martinez meminta tolong petugas merebut kembali sang putri lantaran mas kawin tidak dibayarkan. Dia akhirnya ditangkap, juga mempelai lelaki bernama Margarito de Jesus Galindo dengan tudingan pemerkosaan.

Di Amerika gadis bisa dinikahkan minimal usia 16 tahun dengan persetujuan orang tua kedua belah pihak.

3 dari 6 halaman

Ayah di Yaman ingin satu juta tanda jempol di Facebook buat mas kawin anaknya

yaman ingin satu juta tanda jempol di facebook buat mas kawin anaknya rev2Lima cerita mas kawin bikin pusing. ©oddee.com

Duit tidak bisa membeli cinta namun tanda jempol di jejaring sosial Facebook terbukti dapat membuat seseorang akhirnya mau menikah. Peristiwa ini terjadi di Yaman tahun lalu. Seorang ayah menginginkan satu juta tanda jempol di laman Facebook miliknya sebagai mas kawin serta restu agar putrinya bisa berumah tangga.

Salem Ayash seorang penyair dari Kota Taiz tidak memberikan tenggat waktu bagi calon mempelai lelaki untuk memenuhi keinginan anehnya itu. Namun dengan populasi 24 juta, tentu sejuta jempol masih di bawah standar jumlah penduduk Yaman.

Keinginan tidak biasa ini menjadi tersohor di media sosial. Nara blog mengetahui hal ini menyerukan warga berpartisipasi agar pasangan itu bisa menikah. Namun baru dapat 35 ribu jempol laman pribadi Ayash sudah diblokir.

4 dari 6 halaman

Lelaki ini siapkan mas kawin 40 kambing dan 20 sapi buat anak Hillary Clinton

siapkan mas kawin 40 kambing dan 20 sapi buat anak hillary clinton rev2Lima cerita mas kawin bikin pusing. ©oddee.com

Seorang jurnalis lepas di Kenya bernama Godwin Chepkurgor menawarkan mas kawin berupa 40 kambing dan 20 sapi pada mantan Menteri Dalam Negeri Amerika Serikat Hillary Rodham Clinton. Tujuannya agar bisa kawin siri dengan anak Hillary, Chelsea.

Dalam tradisi Afrika binatang ternak merupakan mas kawin paling bergengsi. Pada 2000 seorang Chepkurgor menyampaikan keinginan menikahi putri Hillary lewat surat. Sambil menahan tawa istri dari mantan Presiden Bill Clinton ini mengatakan di sebuah televisi sangat menghargai kebaikan Chepkurgor namun keputusan menerima lamaran itu tetap ada di tangan Chelsea.

Namun tiga bulan lalu Chepkurgor tewas sebab diserang gajah dan suratnya tak pernah dibalas Hillary.

5 dari 6 halaman

WNI nikahi gadis Suriah gunakan maskawin hapal Alquran dan Hadits

gadis suriah gunakan maskawin hapal alquran dan hadits rev2Pria Indonesia nikahi gadis Suriah. ©handout/Pensosbud KBRI Damaskus

Munawar Juanan Raden, Staf KBRI Damaskus menikahi Muawiyah Kharraji, seorang gadis Suriah. Mahar yang diberikan adalah hafalan Alquran dan Hadits.

Acara resepsi pernikahan didukung penuh oleh Dubes RI Damaskus Djoko Harjanto. Meskipun di tengah keterbatasan akibat krisis berkepanjangan yang melanda Suriah, KBRI Damaskus mencari cara untuk tetap mempromosikan budaya Indonesia di Suriah.

Salah satu caranya adalah melalui resepsi pernikahan ala Indonesia yang sarat dengan budaya dan tradisi Nusantara.

Tidak hanya pengantin dirias menggunakan pakaian adat Betawi, tetapi juga aula KBRI Damaskus dihias dengan dekorasi khas pernikahan Indonesia dan seluruh pengisi acara/panitia dari Perhimpunan Pelajar Indonesia mengenakan pakaian adat Nusantara.

6 dari 6 halaman

Pria ini minta mas kawin putrinya dibayar pakai segelas kopi & kurma

minta mas kawin putrinya dibayar pakai segelas kopi kurma rev2kurma dan kopi Arab. ©Al arabiya

Seorang ayah di Uni Emirat Arab (UEA) diduga meminta mas kawin berupa segelas kopi Arab dan sebuah kurma bagi pria yang akan mempersunting putrinya.

Di negara Teluk itu, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Ahad (8/5), kaum pria sulit menikah karena persyaratan mas kawin yang terlampau berat dari segi biaya. Kondisi ini memaksa kaum pria lebih memilih menikahi perempuan asing.

Banyak kalangan mengkhawatirkan makin banyaknya pernikahan mewah berongkos selangit. Sebuah panitia penyelenggara pernikahan mengatakan kepada koran lokal Gulf News pada 2012, warga Emirat rata-rata menghabiskan dana senilai Rp 1 miliar untuk pesta pernikahan. Sedangkan orang asing hanya Rp 266 juta.

Pemerintah UEA akhirnya mengambil sikap untuk membuat semacam program bantuan Dana Pernikahan yang sudah dibentuk pada 1991. Tahun lalu program ini sudah menggelontorkan dana senilai USD 40 juta atau Rp 533 miliar untuk membantu 400 pasangan menikah. [pan]

Baca juga:
Penulis Irshad Manji menikahi pasangan lesbiannya
Pria ini minta mas kawin putrinya dibayar pakai segelas kopi & kurma
Minim hari baik untuk nikah, impor emas merosot di India
Demi pernikahan anak, bapak ini nikahi kakak mempelai wanita
Setiap pengantin baru di Kuningan wajib menyumbang 5 bibit pohon
Ini foto pre-wedding paling anti-mainstream yang pernah ada

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini