Brasil Catat Lebih dari 90.000 Kasus Infeksi Baru Covid-19 Hanya dalam Sehari

Kamis, 18 Maret 2021 15:10 Reporter : Hari Ariyanti
Brasil Catat Lebih dari 90.000 Kasus Infeksi Baru Covid-19 Hanya dalam Sehari Tenaga Medis Sambut Pasien Sembuh dari Covid-19 di Brasil. ©2020 REUTERS/Adriano Machado

Merdeka.com - Brasil melaporkan rekor kasus baru Covid-19 harian sebanyak 90.303, di saat negara di Amerika Selatan itu masih terus bergulat dengan lonjakan infeksi dan kematian karena virus corona.

Pada Rabu, Kementerian Kesehatan Brasil menyampaikan, ada 2.648 kasus kematian tambahan dalam 24 jam sebelumnya, sehingga total kasus kematian secara keseluruhan sebanyak 282.000, tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Sehari sebelumnya, Brasil mencatat 2.841 kematian, rekor kematian tertinggi dalam sehari, seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (18/3).

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro terus mendapatkan tekanan untuk mengendalikan pandemi di tengah meningkatnya ketidakpuasan publik terkait kinerjanya dalam menghadapi krisis ini. Awal pekan ini, pemimpin sayap kanan itu menunjuk menteri kesehatan baru – menteri kesehatan keempat negara tersebut sejak pandemi dimulai tahun lalu.

Dr Marcelo Queiroga, ahli jantung, menggantikan Eduardo Pazuello, seorang jenderal angkatan darat yang dikritik karena tak punya pengalaman di bidang kesehatan.

Awal pekan ini, Bolsonaro mengatakan negaranya tengah berada dalam fase yang lebih agresif dalam perlawanan terhadap krisis virus corona.

Pada Rabu, Queiroga mengatakan Bolsonaro menjanjikannya “otonomi” dalam menetapkan kebijakan terkait pandemi.

“Kami berencana mengurangi angka kematian dengan dua poin utama: kebijakan jarak sosial untuk mengurangi penyebaran virus, dan meningkatkan kapasitas rumah sakit kita,” jelasnya dalam konferensi pers.

“Kami percaya dengan penelitian, dengan sains,” lanjutnya.

Baca Selanjutnya: Penanganan pandemi Bolsonaro sangat buruk...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini