Bom Bunuh Diri Dekat Kantor Intelijen Afghanistan, 20 Orang Tewas

Kamis, 19 September 2019 13:24 Reporter : Merdeka
Bom Bunuh Diri Dekat Kantor Intelijen Afghanistan, 20 Orang Tewas Bom Bunuh Diri di Afghanistan. ©REUTERS/Mohammad Ismail

Merdeka.com - Ledakan bom terjadi di sebuah rumah sakit di Kota Qalat, ibu kota Provinsi Zabul Selatan, Afghanistan, Kamis (19/9) pagi dekat kantor cabang intelijen. Hingga saat ini, setidaknya 20 orang tewas dan lebih dari 90 orang luka-luka.

Dikutip dari laman Associated Press, Kamis (19/9), ledakan bom yang berasal dari sebuah truk itu telah menghancurkan sebagian bangunan rumah sakit, berikut sejumlah ambulans yang terparkir.

Wakil Gubernur Zabul, Malim Tawab mengatakan, korban luka telah dilarikan ke rumah sakit swasta. Sementara, korban yang membutuhkan perawatan intensif dibawa ke Kota Kandahar.

Kelompok bersenjata Taliban mengaku bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Dikabarkan, sasaran bom tersebut adalah gedung departemen intelijen pemerintah yang berada di dekat rumah sakit.

Kepala Dewan Provinsi, Atta Jan Haqbayan mengatakan, dinding gedung departemen keamanan nasional rusak. Namun, dirinya belum dapat memastikan apakah ada pegawai yang menjadi korban.

Sejumlah warga yang sedang membesuk keluarganya, mencoba menyelamatkan diri dari runtuhan bangunan rumah sakit. Dengan menggunakan kain dan selimut mereka mencoba membawa pasien keluar.

Semula, Juru Bicara Gubernur Provinsi Zabul, Gul Islam Seyal mengatakan jumlah tewas mencapai 12 orang. Namun, jumlah ini bertambah menjadi 20 orang setelah petugas melakukan evakuasi puing-puing bangunan.

Selama hampir dua dekade Afghanistan mengalami situasi yang tidak stabil akibat serangan kelompok teroris. Bulan lalu, seorang pria tewas dan tiga lainnya luka dalam ledakan bom di Kota Jalalabad, Provinsi Nangarhar, Afghanistan.

Reporter Magang: Anindya Wahyu Paramita [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini