Bocah Australia dilarang tiup lilin ulang tahun bareng

Kamis, 7 Februari 2013 14:05 Reporter : Vincent Asido Panggabean
Bocah Australia dilarang tiup lilin ulang tahun bareng Pesta ulang tahun. heraldsun.com.au

Merdeka.com - Lembaga Penelitian Medis dan Kesehatan Australia (NHMRC) baru-baru ini mengeluarkan aturan melarang anak-anak di negara itu meniup lilin kue ulang tahun secara bersamaan. NHMRC memandang acara tiup lilin dapat menyebarkan kuman dari anak yang satu ke anak lainnya.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Rabu (6/2), aturan baru ini langsung memicu kemarahan dari para orang tua. Mereka mengatakan Australia mencoba untuk menghilangkan kesenangan anak-anak saat perayaan ulang tahun.

Para dokter di Australia juga menyebut aturan itu terlalu berlebihan. Ini lantaran anak-anak di Australia saat ini telah diwajibkan mencuci tangan sebelum bermain dengan teman mereka.

Para staf yang ditugaskan di tempat-tempat pengasuhan anak juga diinstruksikan untuk mencuci mainan, gagang pintu, dan sarung bantal, saban hari untuk mencegah munculnya kuman.

Peraturan itu menjelaskan jika ada anak yang merayakan ulang tahun dan ingin mengadakan acara tiup lilin, maka setiap anak harus membawa cupcakes masing-masing. Hal ini untuk menghindari penyebaran kuman ketika mereka berbagai kue.

"Anak-anak memang sangat menyukai momen tiup lilin, di mana teman-teman yang lain mengucapkan selamat ulang tahun," tulis peraturan itu.

"Namun untuk mencegah penyebaran kuman ketika anak-anak meniup lilin, para orang tua seharusnya juga dapat menyediakan kue terpisah dengan lilin di setiap kue itu jika mereka ingin membuat pesta ulang tahun."

Selain itu NHMRC juga menyatakan setiap anak diwajibkan mencuci tangan mereka dengan cairan pembersih alkohol sebelum bermain.

Namun, aturan itu membuat Presiden Asosiasi Dokter Australia Steve Hambleton heran. "Jika ada seseorang yang bersin di sebuah kue, Saya pastinya tidak mau makan kue itu. Namun, jika mereka hanya tiup lilin, berapa banyak sih kuman yang disebar." kata dia kepada koran the Daily Telegraph.

Hambleton juga menyerang aturan baru terkait cuci tangan bagi anak-anak sebelum bermain itu. Dia mengatakan cuci tangan memang perlu dilakukan bagi setiap anak-anak jika mereka ingin makan. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Australia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini