Bikin panik, pria India nekat buka pintu saat pesawat mengudara

Kamis, 13 Juli 2017 15:20 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Bikin panik, pria India nekat buka pintu saat pesawat mengudara Air Asia. ©2014 Merdeka.com/www.airbus.com

Merdeka.com - Seorang pria India nekat membuka paksa pintu pesawat saat burung besi itu tengah mengudara. Insiden ini terjadi di pesawat AirAsia dari New Delhi menuju Ranchi.

Akibat insiden ini, tujuh kru kabin dan penumpang terluka saat menggagalkan aksi pria diketahui bernama Aftab Ahmed ini.

"AirAsia mengonfirmasi terjadinya insiden yang disebabkan oleh penumpang dalam penerbangan dari New Delhi menuju Ranchi 10 Juli lalu," seperti dikutip dari pernyataan resmi AirAsia.

Channel News Asia melaporkan, Kamis (13/7), saat pesawat mendarat, pria 32 tahun itu langsung diamankan petugas keamanan bandara.

"Seorang penumpang berusaha membuka pintu darurat beberapa saat sebelum pesawat mendarat. Dia melukai beberapa penumpang dan kru kabin yang berusaha menghentikan aksinya. Saat pesawat mendarat, penumpang itu kami serahkan kepada petugas keamanan untuk diperiksa lebih lanjut," sambung AirAsia.

Sayangnya, dalam pernyataan itu tidak dijelaskan apa penyebab Ahmed berusaha membuka pintu darurat. Mereka juga tak menceritakan kronologi insiden tersebut.

Kejadian ini berlangsung usai dua bulan lalu pemerintah India merencanakan penerbitan daftar penumpang dilarang terbang. Larangan ini muncul setelah adanya insiden politisi yang melecehkan kru kabin.

Dalam larangan tersebut tertulis ada tiga kategori penumpang yang tak boleh naik pesawat, yakni mereka yang melontarkan komentar cabul, melakukan pelecehan seksual, perusakan fasilitas pesawat terbang dan penyerangan yang berakibat kehilangan nyawa. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. India
  2. Pesawat Terbang
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini