Bertemu Pertama Dengan Presiden Putin, ini Harapan Kim Jong-un

Kamis, 25 April 2019 15:20 Reporter : Tim Merdeka
Bertemu Pertama Dengan Presiden Putin, ini Harapan Kim Jong-un Pertemuan Kim Jong-un dengan Putin di Rusia. ©2019 Alexander Zemlianichenko/Pool via REUTERS

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertatap muka untuk pertama kalinya. Mereka bertemu dalam sebuah pertemuan tingkat tinggi di Vladivostok hari ini.

Pemimpin Korea Utara itu berharap pertemuan itu bermanfaat untuk masa depan Korea Utara. Sementara Putin merasa yakin bahwa kunjungan Kim Jong-un akan meningkatkan kerja sama bilateral dan membantu menyelesaikan permasalahan di semenanjung Korea.

"Kami menyambut upaya Anda (Kim Jong-un) mengembangkan dialog Antar-Korea dan upaya Anda untuk menormalkan hubungan AS-Korea Utara. Dan tentu saja, dalam hal agenda bilateral, kita perlu mencapai banyak hal untuk mengembangkan hubungan perdagangan dan ekonomi dan hubungan kemanusiaan,” kata Putin, Kamis (25/4).

Vladimir Putin adalah pemimpin dunia keenam yang telah bertemu Kim Jong-un sejak dia memimpin Korea Utara pada 2011. Semua pertemuan ini telah terjadi sejak 2018, ketika rezim Kim mulai terbuka untuk hubungan diplomasi.

Kim telah bertemu Presiden China Xi Jinping dalam empat perjalanan ke Tiongkok - tiga ke Beijing dan satu ke Dalian. Perjalanan Kim pada Maret 2018 ke ibukota China adalah perjalanan luar negeri pertamanya sejak naik ke tampuk kekuasaan.

Dia kemudian mengunjungi Dalian pada Mei dan kembali ke Beijing pada Juni tak lama setelah pertemuan puncaknya di Singapura dengan Trump. Kim juga mengunjungi Beijing pada Januari 2019.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah bertemu Kim tiga kali, semuanya pada 2018 - dua kali di zona demiliterisasi yang membagi kedua Korea dan satu kali di Pyongyang.
Kim juga mengadakan dua KTT dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, satu di Singapura pada Juni 2018 dan satu lagi di ibukota Vietnam, Hanoi pada Februari 2019.

Pada kedua kunjungan itu dia juga bertemu dengan para pemimpin negara tuan rumah, Presiden Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong.

Reporter: Rizki Akbar Hasan

Sumber: Liputan6.com [ian]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini