Bertemu Jokowi di Kiev, Presiden Ukraina Merasa Didukung Rakyat Indonesia

Kamis, 30 Juni 2022 12:23 Reporter : Pandasurya Wijaya
Bertemu Jokowi di Kiev, Presiden Ukraina Merasa Didukung Rakyat Indonesia Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina di Istana Maryinsky. ©2022 Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kemarin bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina.

Dalam kesempatan itu Zelensky melalui akun Telegramnya menyampaikan apresiasi terhadap kunjungan Jokowi.

"Kunjungan dari negara teman kami tidak berhenti. Hari ini saya bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo di Kiev. Saya bersyukur di masa yang sulit bagi negara kami ini , kami merasakan dukungan rakyat dan negara Anda!" kata Zelenskyy, seperti dilansir laman Ukrinform, Rabu (29/6).

"Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina," kata Zelenskyy saat menyampaikan pernyataan pers bersama usai pertemuan.

"Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," sambungnya.

Sementara itu, Jokowi mengatakan kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina. Dia menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Negara Ukraina, kata Jokowi, penting bagi rantai pasok pangan dunia. Kepala negara ingin Ukraina bisa kembali ekspor bahan pangan.

"Saya sampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Semua usaha harus dilakukan agar Ukraina dapat kembali melakukan ekspor bahan-pangan," kata kata Jokowi dilihat di youtube sekretariat presiden, Kamis (30/6).

Jokowi mengatakan, penting bagi semua pihak menjamin keamanan Ukraina untuk kelancaran ekspor pangannya.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," kata Jokowi.

Dia menambahkan, hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina sudah terjalin 30 tahun dan Jokowi terus berkomitmen untuk memperkuat kerja sama. [pan]

Baca juga:
Usai Bertemu Presiden Ukraina Zelenskyy, Jokowi Lanjutkan Perjalanan ke Rusia
Jokowi Pemimpin Pertama Asia Kunjungi Ukraina, Zelenskyy Sampaikan Terima Kasih
Jokowi Sampaikan Undangan KTT G20 Indonesia ke Presiden Ukraina Zelenskyy
Ini Pesan Penting dari Zelenskyy yang akan Disampaikan Jokowi pada Putin
Jokowi Ingatkan Pentingnya Keamanan Ekspor Pangan Ukraina
Bertemu Zelenskyy, Jokowi Tawarkan Diri Jadi Pembawa Pesan untuk Putin
Momen Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina di Istana Maryinsky

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini