Bernie Sanders Mundur, Joe Biden Bakal Jadi Penantang Trump di Pilpres AS 2020

Kamis, 9 April 2020 12:02 Reporter : Iqbal Fadil
Bernie Sanders Mundur, Joe Biden Bakal Jadi Penantang Trump di Pilpres AS 2020 Joe Biden. dailycaller.com

Merdeka.com - Kandidat calon presiden Amerika Serikat Bernie Sanders menyatakan pengunduran dirinya dari pertarungan memperebutkan nominasi dari Partai Demokrat. Keputusan ini menyisakan pesaingnya, Joe Biden menjadi satu-satunya calon presiden terkuat untuk menantang Presiden Donald Trump.

Keputusan mundur itu disampaikan Sanders dalam pidato di depan pendukungnya, Rabu (8/4). Sanders, yang pernah memimpin nominasi pencalonan dari Partai Demokrat mengaku tidak melihat dirinya akan memenangkan pertarungan setelah dalam beberapa pemilihan pendahuluan kalah dari Biden. Meski begitu dia berjanji akan membantu Biden mengalahkan Trump dalam Pilpres yang dijadwalkan berlangsung awal November itu.

Dilansir Reuters, Kamis (9/4), senator independen AS dari Vermont mengungkapkan, alasan lain dia mengundurkan diri adalah wabah virus corona yang membuatnya tidak bisa leluasa berkampanye untuk menyampaikan pesannya kepada para calon pemilih.

"Saya tidak bisa dengan hati nurani terus melakukan kampanye yang tidak bisa menang, dan yang akan mengganggu pekerjaan penting yang diperlukan dari kita semua di masa yang sulit ini," katanya dalam pidato yang disiarkan langsung kepada para pendukung dari kota asalnya di Burlington, Vermont.

Sanders (78), menyebut mundurnya sebagai "keputusan yang sulit dan menyakitkan". Dia menambahkan, akan tetap menjadi kandidat dalam pemilihan pendahuluan dan akan terus mengumpulkan delegasi untuk mendorong partai Demokrat menuju agenda anti-korporat populis, termasuk peningkatan sistem perawatan kesehatan yang dikelola pemerintah dan pajak untuk orang kaya.

Baca Selanjutnya: Pertarungan yang Keras...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini