Bermasalah dengan Donald Trump, Dubes Inggris Mundur

Kamis, 11 Juli 2019 10:56 Reporter : Merdeka
Bermasalah dengan Donald Trump, Dubes Inggris Mundur Presiden AS Donald Trump. REUTERS/Joe Skipper

Merdeka.com - Duta Besar Inggris untuk Amerika Serikat, Kim Darroch, memutuskan mengundurkan diri. Langkah itu diambil setelah bocornya kabel diplomatik, dimana Darroch menyebut Trump tak layak.

Kantor Luar Negeri Inggris mengumumkan pengunduran diri Darroch pada Rabu (10/7). Keputusan itu terjadi setelah Presiden AS, Donald Trump mengatakan Senin lalu Gedung Putih tak akan lagi berurusan dengan Dubes Inggris. Demikian dilansir dari CNN.

Donald Trump menyerang Darroch selama dua hari berturut-turut, lapor The Guardian. Trump mengancam akan memutuskan hubungan atas penilaian sang dubes yang menyebut dirinya "memancarkan rasa tidak aman".

Donald Trump juga mengatakan bahwa Perdana Menteri Inggris, Theresa May telah membuat kekacauan atas Brexit, yang disebut bertentangan dengan nasihatnya. Padahal, hanya berselang beberapa pekan lalu, Trump memuji May secara pribadi pada kunjungan kenegaraannya ke Inggris, dan mengatakan bahwa timpalannya itu telah melaksanakan tugas dengan baik.

"Saya tidak kenal Duta Besar (Inggris), tetapi dia tidak disukai atau dipikirkan dengan baik di AS. Kami tidak akan lagi berurusan dengannya. Berita bagus untuk Kerajaan Inggris yang luar biasa adalah bahwa mereka akan segera memiliki Perdana Menteri baru. Sementara saya benar-benar menikmati kunjungan kenegaraan yang luar biasa bulan lalu, itu adalah Ratu yang paling saya kagumi!," kata Trump.

Rangkaian twit yang menunjukkan ketidaksukaan Trump terhadap Darroch telah meningkat sejak ia mengatakan kepada wartawan pada Minggu lalu bahwa pihaknya tidak mengagumi Darroch.

"Kami bukan pengagum pria itu, dan ia belum melayani Inggris dengan baik. Jadi saya bisa memahaminya dan saya bisa mengatakan banyak hal tentang dia. Tapi, saya tidak akan repot-repot (melakukannya)," ujarnya.

Pernyataan terakhir Donald Trump, menurut beberapa pengamat, sempat menciptakan dilema bagi calon perdana menteri Inggris yang baru, di mana mereka harus memutuskan apakah perlu atau tidak menggantikan Darroch. Namun akhirnya Darroch memutuskan mengundurkan diri.

Reporter: Siti Khotimah
Sumber: Liputan6 [pan]

Baca juga:
Dinilai Tak Layak, Donald Trump Marah ke Dubes Inggris
Pengadilan Larang Donald Trump Blokir Akun Pengikut di Twitter
Tanda-tanda Memudarnya Kekuatan Amerika di Berbagai Belahan Dunia
Beginilah Wajah Patung Melania Trump yang Jadi Kontroversi
Donald Trump

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini