Hot Issue

Berkaca dari Pengalaman Pahit India Dihantam Varian Delta

Senin, 19 Juli 2021 11:33 Reporter : Pandasurya Wijaya
Berkaca dari Pengalaman Pahit India Dihantam Varian Delta Pasien Covid-19 di India dirawat dalam bajaj. ©REUTERS/Amit Dave

Merdeka.com - Indonesia kini sudah menjadi pusat pandemi dunia melewati India dan Brasil dengan rekor kasus harian tertinggi. Lonjakan kasus Covid-19 kini menyebar di Asia Tenggara, wilayah dengan tingkat vaksinasi rendah. Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Thailand kini juga tengah menghadapi lonjakan kasus dan menerapkan pembatasan lebih ketat, termasuk seruan tetap berada di rumah.

Indonesia Kamis lalu mencatat 57.000 kasus harian, rekor tertinggi, tujuh kali lipat lebih banyak ketimbang beberapa bulan lalu. Jumat kemarin Indonesia mencatat 1.205 kematian sehingga total sudah lebih dari 71.000 jiwa.

Sejumlah negara, termasuk Indonesia, bisa mengambil pelajaran dari India yang sudah mengalami hancurnya dihantam pandemi, khususnya varian Delta.

Profesor Worsak Kanok-Nukulchai dari Akademi Sains, Kerajaan Thailand menulis di Bangkok Post, pelajaran pertama dari India adalah jangan cepat puas. Awal tahun ini India bisa dikatakan mampu mengendalikan pandemi dengan jumlah kasus harian di bawah 10.000 dengan populasi 1.3 miliar penduduk. Angka itu bisa dibilang menakjubkan dan para ilmuwan menilai India cukup sukses mengendalikan pandemi. Namun hanya butuh waktu dua bulan keadaan menjadi jungkir balik dan sistem kesehatan India tidak kuasa menghadapi lonjakan volume pasien. Mulai Februari, angka penularan meningkat sepuluh kali lipat dan kematian melonjak 20 kali lebih banyak.

Pelajaran kedua adalah menghindari kerumunan dan kumpul-kumpul. Para epidemiolog menyoroti peristiwa kerumunan yang menjadi ladang penularan luas di India. Sejumlah acara kampanye pemilu yang mengumpulkan ribuan orang di empat negara bagian (Assam, Kerala, Tamil Nadu, dan Bengal Barat) dan Wilayah Perserikatan (Puducherry). kemudian kerumunan massa tanpa masker di festival keagamaan seperti Kumbh Mela. Aparat seharusnya bisa melarang atau membatasi acara-acara yang bisa menimbulkan ladang penularan serta memastikan pemakaian masker serta jaga jarak dalam acara pertemuan kecil.

Baca Selanjutnya: Kuncinya vaksinasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini